Tentang Yang ada di Indonesia - dari Bali.


Ide Kreatif + Mudah Membuat Kandang Ayam di Rumah


Home > DIY: 5 Ide Unik + Kreatif Membuat Kandang Ayam di Rumah - Dibaca 69 x.

Apakah kamu punya rencana untuk pelihara ayam di rumah? Kalau iya, sebelum memikirkan hal-hal lainnya, yang paling pertama dan utama yang harus kamu perhatikan adalah kandangnya. Ya, kandang ayam untuk semua ayam-ayam barumu dimana mereka nanti akan ngendon / nginep seharian disana, agar mereka tidak keluyuran kemana-mana, yang jika itu terjadi percayalah penyakit darah tinggimu akan kumat..

Kandang ayam simpel ternak ayam skala rumahan

Seriusan..

Sebelum kamu berpikir yang lain-lain tentang rencana memelihara ayam di rumah: seperti beli ayamnya dimana, jenis ayam apa yang akan kamu pelihara, dimana beli pakannya, atau gimana mengatasi bau kotoran ayam, saya sarankan agar kamu menyiapkan ini terlebih dahulu: KANDANG AYAM.

Mengapa?

Sebab disanalah, di sebuah tempat berukuran beberapa meter x beberapa meter itulah, spot dimana ayam-ayammu akan bermain dan berkembang biak, petualanganmu dalam memelihara ayam di rumah akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan, atau sangat mengerikan!

Tidak percaya?

Dengan kandang ayam yang benar dan nyaman, dijamin ayam-ayammu akan senang dan tentram. Demikian juga dengan dirimu. Tapi dengan kandang ayam yang asal dan serampangan, dijamin pula ayam-ayammu akan berang dan bikin onar!

Bisa kejadian kayak gitu?

Bisa lah..

Saya sudah membuktikannya, dengan ayam-ayam saya di rumah..

Ketahuilah bahwa pembuatan kandang ayam yang benar itu setidaknya memenuhi kriteria sbb:

  • Aman
  • Pastikan kandang ayam yang kamu buat cukup aman. Aman dari apa, dan siapa?

    Jika posisi kandang berada diluar ruangan (outdoor), maka harus aman dari terpaan angin dan curah hujan.

    Jangan sampai ketika ada angin berhembus kencang, ada bagian kandang yang error. Misal, rangka kandang roboh atau mungkin pintu kandang terbuka sendiri.

    Misalnya lagi ketika hujan lebat turun, atap kandang bocor atau lantai kandang (litter) terdapat genangan air.

    Lalu pastikan juga aman dari predator. Predator yang menjadi ancaman bagi ayam piaraanmu, terutama ayam yang masih kecil. Contoh predator ayam yang umum adalah tikus.

    Kalau ini sampai terjadi, maka kandang ayammu tidaklah aman.

  • Nyaman
  • Seperti halnya rumahmu yang kamu disain dan rawat agar nyaman kamu tempati, demikian juga dengan kandang ayam. Ayam juga senang dengan kondisi kandangnya yang nyaman.

    Kriteria kandang ayam yang nyaman yaitu proporsional. Artinya, luas kandang harus disesuaikan dengan jumlah ayamnya.

    Ukuran kandang ayam yang sehat dan ideal adalah berisi 4 - 6 ekor ayam dewasa per 1 meter perseginya.

    Kelancaran sirkulasi udara dalam kandang juga harus diperhatikan. Hal ini agar pertukaran udara pengap dan segar berlangsung setiap saat. Udara pengap bisa membuat ayam keracunan. Sebaliknya, udara segar bisa membuat ayam sehat.

    Yang tak kalah penting, perhatikan juga penempatan ransum makanan dan minumannya. Posisikan keduanya secara benar. Mudah dijangkau oleh seluruh ayam dan tak gampang diobrak-abrik oleh mereka.

    Terutama tempat minumnya. Jangan sampai tersenggol oleh ayam-ayam didalam kandang, yang bisa membuat tempat minum tumpah dan mengotori lantai kandang. Kalau ini terjadi akan mudah mengundang kuman dan bibit penyakit dalam kandang.

  • Mudah dibersihkan
  • Terakhir, konsep kandang ayam yang benar adalah kandangnya mudah dibersihkan.

    Seperti halnya unggas-unggas yang lain, ayam terkenal dengan bau tahinya yang ampun-ampunan.

    Yang kalau tidak dibersihkan dalam periode waktu tertentu bisa menjadi bom waktu.

    Meskipun sudah ada beberapa teknik ampuh untuk meminimalkan bau kotoran ayam, tidak ada salahnya kamu menaruh perhatian lebih pada aktifitas bersih-bersih kandang ini..

    Cara bersih-bersih kandang ayam dimulai dengan adanya akses masuk / pintu masuk ke dalam kandang yang memadai.

    Kalau kandangnya kecil, pastikan tanganmu bisa menjangkau seluruh area dalam kandang. Kalau besar, pastikan seluruh tubuhmu bisa masuk dengan mudah.

    Selanjutnya, acara bersih-bersih kandang akan mudah dilakukan.

Nah, setelah paham akan pentingnya kandang ayam buat ayam-ayammu dan dirimu sendiri, tibalah saatnya untuk mencari ide tentang gimana sih cara membuat kandang ayam itu?

Terlebih, ada nggak ide kreatif tentang cara membuat kandang ayam yang murah dan sederhana??

Kandang ayam yang sederhana, yang DIY (do it yourself), yang memakai materialnya murah dan yang gampang dibuat??? *malas-mode-on-hehe..

Buat kamu yang sudah ingin banget pelihara ayam dan ingin ada contoh membuat kandang ayam secara cepat dan mudah, simak pengalaman saya dalam membuat kandang ayam yang unik, kreatif dan sederhana dibawah ini:

IDE KANDANG AYAM UNIK & KREATIF

1. Kandang Ayam di Bawah Pohon

Lokasi kandang ayam saya ini berada di depan rumah. Diluar pagar. Tepatnya di taman depan rumah. Taman seperti ini biasanya jamak ada pada setiap unit rumah di perumahan, seperti rumah saya ini.

Memiliki lebar 1 meter dan panjang 4 meter, area taman ini sungguh tepat untuk dijadikan tempat memelihara beberapa ekor ayam.

Agar fungsi taman tidak berubah total menjadi kandang ayam, maka hanya separuh saja dari panjang taman yang saya jadikan kandang ayam.

Kreasi kandang ayam di teras taman depan rumah

Gambar 1: Ide kandang ayam di bawah pohon berlokasi depan di depan rumah, menempati area taman kecil depan rumah.

Kebetulan, di salah satu ujung taman terdapat 2 pohon yang lumayan tinggi dan rimbun: pohon srikaya dan pucuk merah.

Sudah bertahun-tahun kedua pohon itu ngendon disana. Menjadi peneduh rumah dari sengatan matahari sore. Menpercantik bagian depan rumah. Dan menghalau serbuan debu dari jalanan.

Dan sekarang saatnya menambah fungsinya menjadi tempat kandang ayam!

Cara membuat kandang ayam di area taman depan rumah yang terdapat 2 pohon seperti ini cukup simpel kok..

Pertama-tama, pagari kedua pohon yang ada dengan kawat ram.

Dengan dimensi kandang 1 x 2 meter, saya memerlukan kawat ram sepanjang 3 meter untuk mengitari kandang tersebut.

Per setengah meter beri penguat berupa batang vertikal agar kandangnya kokoh. Batang penguat bisa berupa kayu lonjoran, besi lonjoran, bekas dahan pohon, dsb.

Kedua, tutup bagian atas kandang.

Menutup bagian atas kandang mutlak diperlukan agar ayam tidak lompat / terbang keatas, dan akhirnya keluar kandang.

Atap kandang ini tidak akan bisa ditutup 100% sempurna, oleh karena ada 2 batang pohon yang menghalanginya. Akan ada sedikit celah / lubang di dekat batang pohon itu.

Tapi itu tak masalah..

Cara menutupi atap kandang ayam bisa pakai bahan apapun: papan kayu, seng plastik atau kawat ram juga. Apapun itu, usahakan celah / lubang yang ada seminimal mungkin, mencegah ayam bisa lolos dengan mudah, lompat keatas.

Ketiga, diantara cabang batang kasih lonjoran kayu atau apapun, tempat ayam bisa bertengger dan istirahat santuy disana.

Nah, dengan ukuran kandang yang lumayan lega seperti tersebut diatas, saya bisa isi 3 - 4 ekor ayam kampung dewasa.

Itu sudah lebih dari cukup untuk dapat panen telur hampir setiap hari, dan dengar kukuruyuk sang ayam jago sepanjang hari!

2. Kandang Ayam dari Bekas Meja Bumbu Dapur

Di rumah pasti terdapat meja. Meja apa saja. Mungkin meja makan, meja tamu, meja kompor, meja belajar, meja kerja, dsb. Nah, coba cari tahu di rumahmu, kira-kira ada meja apa yang sekiranya sudah lama tak dipakai?

Kebetulan, di rumah saya ada satu meja yang nganggur. Yaitu meja tempat menaruh bumbu di dapur. Mejanya terbuat dari kayu.

Maka, saya fungsikan meja bumbu dapur ini menjadi kandang ayam sederhana yang unik dan kreatif..

Mejanya berukuran 1 meter x 40 centimeter. Ukuran yang ideal untuk bisa memelihara sepasang ayam disana.

Bagaimana cara menyulap meja bumbu dapur menjadi kandang ayam sederhana? Simpel..

Ide kandang ayam dari meja dapur bekas

Gambar 2: Kreasi kandang ayam dari bekas meja bumbu dapur milik istri :) . Gratis dan simpel.

Pertama-tama, pagari keempat sisi meja tersebut. Sisi depan, belakang, kiri dan kanan.

Pagarnya terserah pakai bahan apa saja. Kalau saya, kawat ram selalu menjadi favorit. Kali ini hanya untuk bagian depan, kiri dan kanan.

Bagian belakang saya tutupi dengan seng plastik bergelombang, karena kebetulan ada seng yang tak dipakai. Bagian atas tidak saya apa-apakan, alias default dari meja aslinya.

Kedua, Nggak ada! Hehe...Udah selesai, gitu aja meja itu sudah jadi kandang ayam kok!

Kandang ayam yang terbuat dari meja bumbu dapur yang kokoh. Bahkan bagian atasnya bisa dipakai untuk menaruh pot bunga agar terlihat semakin cantik..

3. Kandang Ayam dari Bekas Rak Baju Toko

Inilah kreasi ketiga kandang ayam unik dan kreatif milik saya..

Saya punya rak baju bekas di toko baju muslim saja. Kebetulan ada satu rak yang nganggur, maka saya sulaplah dia menjadi kandang ayam.

Rak baju ini bukan yang model display / vertikal ya. Tapi yang model kotak. Berbentuk persegi panjang dengan ukuran 150 centimeter x 50 centimeter. Lumayan lega untuk ukuran kandang ayam rumahan.

Ide membuat kandang ayam menggunakan bekas rak baju toko

Gambar 3: Kandang ayam mini dan sederhana untuk seekor atau 2 ekor ayam. Bisa ditaruh dalam rumah, lho..

Dari pengalaman saya, kandang ayam dari rak baju bekas ini adalah yang termudah dalam pembuatannya. Jadinya, tak perlu langkah-langkah pembuatan.

Sebab, kesemuanya sisinya sudah memiliki pagar atau penutup. Berupa bahan besi campuran aluminium. Kuat dan kokoh.

Hanya perlu menutupi bagian atasnya, which is itu tentunya sangatlah gampang..Untuk bagian bawah / alas, agar ayam kakinya tidak kedinginan, bisa dialasi dengan kertas koran atau karton yang gampang diganti jika sudah kotor.

Fyi, rak baju model kotak persegi panjang seperti ini idealnya untuk memelihara ayam anakan. Bukan untuk ayam dewasa.

Seperti diketahui, anak ayam haruslah mendapatkan kehangatan yang sempurna untuk tubuhnya. Sebab mereka rentan dengan kematian, jika suhu kandang terlalu dingin.

Nah, kandang ayam dari kotak rak baju toko ini ideal dalam memberikan kehangatan pada anak ayam. Sebab pada semua sisinya sudah sempurna terpagari / tertutupi dengan bahan besi aluminium yang kuat.

Kandang model begini tak hanya memberi kenyaman pada anak ayam, namun juga keamanan karena kekuatan bahan kandangnya.

4. Kandang Ayam dari Bekas Kandang Burung Love Bird

Kandang ini pemberian dari seorang teman. Yang dia dulunya pernah memelihara beberapa ekor burung love bird. Lalu tak terpakai.

Walhasil kandang burungnya nganggur, lalu berubahlah fungsinya menjadi kandang ayam kreasi unik saya yang no 4 :)

Kandang ayam unik dari bekas kandang burung Love Bird

Gambar 4: Kandang burung Love Bird disulap menjadi kandang ayam. Hampir-hampir tak perlu merubah apapun dari kandang ini.

Hampir-hampir tidak diperlukan lagi pekerjaan untuk merubahnya menjadi kandang ayam. Sebab kesemua sisinya, termasuk bagian atap, sudah tertutupi sempurna dengan kawat ram.

Tinggal mengatur letak pakan dan minuman saja, disesuaikan dengan postur tubuh ayam saya.

Dengan ukuran kandang yang jumbo, kandang ayam dari bekas kandang burung love bird bisa dipakai untuk memelihara ayam anakan atau ayam dewasa.

5. Kandang Ayam dari Kayu Bekas Lemari Pakaian

Terakhir, inilah ide kandang ayam paling unik dan kreatif ala saya..

Ya, kandang ayam yang terbuat dari bahan kayu bekas lemari pakaian saya yang tak terpakai lagi.

Kebetulan kayunya dari jenis kayu yang kuat. Dan jumlahnya ada banyak, sebab lemari bajunya sendiri berukuran besar. Sangat besar. Dari lantai hingga menyentuh plafon. Ceritanya, ini lemari baju untuk seluruh anggota keluarga kami!

Oleh sebab sudah tak kami pakai lagi, maka saya bongkarlah lemari baju besar itu, namun tetap saya manfaatkan sisa-sisa kayunya untuk saja sulap menjadi kandang ayam yang unik, kreatif dan komprehensif.

Cocok untuk memelihara sekaligus puluhan ekor ayam dewasa. Yuhuuuu....!

Pingin tahu, gimana cara membuat kandang ayam dari bekas lemarin baju pakaian berbahan kayu?

Ide kreasi kandang ayam sederhana dari bekas kayu lemari pakaian

Gambar 5: Kandang ayam dari bilah-bilah kayu bekas lemari pakaian. Semakin panjang kayu bisa semakin banyak menampung ayam!

Pertama-tama, tentukan dimensi kandang yang ingin kamu buat, lalu pilihlah lonjoran kayu mana yang cocok untuk digunakan.

Saya sendiri membuat beberapa kandang ayam, dengan dimensi ukuran yang berbeda. Saya sesuaikan dengan kelompok usia ayam yang saya pelihara.

Kedua, sambungkan ujung lonjoran-lonjoran kayu itu membentuk sebuah kotak atau persegi panjang. Terserah kamu membuatnya, disesuaikan dengan dimensi yang kamu buat. Dan nyambungnya pakai paku agar kuat.

Ketiga, tutupi bagian atas kandang kreasimu tadi dengan kawat ram. Sebisa mungkin bagian atas jangan ditutupi pakai kayu juga, agar sirkulasi udara dalam kandang tetap lancar.

Dari ke 5 cara membuat kandang ayam unik, kreatif dan sederhana versi saya diatas, saya rasa yang no 5 inilah yang paling banyak menyita perhatian dalam pembuatannya.

Perlu tenaga dan perencanaan lebih.

Sebab kayunya sendiri dari jenis kayu yang lumayan kuat dan berat. Dengan ukuran kandang paling luas (1 meter x 2 meter), dan saya membuatnya tak hanya satu, tapi beberapa kandang. Asli ngos-ngosan..

Nah, demikianlah ide pembuatan kandang ayam rumahan yang murah, simpel dan mudah untuk dibuat sendiri (DIY, do it yourself).

Intinya, membuat kandang ayam bisa dibuat dari benda atau bahan yang ada disekitar kita. Tak harus beli.

Siap untuk berkreasi!?

ARTIKEL TERKAIT:

Begini Cara Praktis Memelihara Ayam di Rumah Sendiri
Anak ayam petelur - doc ayam petelur

Temukan 10 Alasan Mengapa Harus Punya Piaraan Ayam di Rumah
Memelihara Ayam di Rumah Pada Masa Pandemi

Ketahui 3 Jenis Ayam Yang Tepat Dipiara di Rumah
Ayam Petelur tepat dipelihara di rumah

Video Langka: Saksikan Detik-Detik Ayam Bertelur Disini!
Ayam petelur mengeluarkan telurnya: video langka ayam sedang bertelur

Ayam Hias Serama
Ayam serama jantan dan betina

Bagikan Artikel Ini:

Beri Komentarmu, Ya..
Nama
Komentar
Kode Verifikasi (Tulis ulang kode berikut di kotak: TB10 )
 

TOP 10 ARTIKEL ASYIK LAINNYA:

Ikan Nila Mau Bertelur Beranak Dibaca 4.556 x

Mengapa Harus Ikan Koi dan Nila? Dibaca 2.194 x

Detik-Detik Ikan Nila Bertelur dan Beranak di Kolam Dibaca 1.386 x

Bagaimana Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan? Dibaca 1.216 x

6 Alasan Harus Berwisata ke Kawah Gunung Ijen Melihat Blue Fire Dibaca 906 x

Buat Jebakan Burung Mudah dan Praktis Dibaca 775 x

Tanaman Kana - Canna Berbunga Cantik Dibaca 580 x

Matematika Jongkok Namun Kuliah di Jurusan Komputer Dibaca 561 x

3 Cara Merawat Rumput: Simak Agar Rumputmu Terus Menghijau Dibaca 453 x

Inilah 3 Penyebab Wasir Dan 1 Cara Saja Dalam Mengatasinya Dibaca 448 x