Tentang Yang ada di Indonesia - dari Bali.


Ikan Nila Mau Bertelur Lalu Beranak


Home > Ikan Nila Mau Bertelur Beranak - Dibaca 4.556 x.

Saya sedang senang-senangnya memelihara ikan koi dan ikan nila. Nah, ada cerita untuk ikan nila saya. Oiya, sebelumnya harap diketahui, ikan nila saya yang berjenis ikan nila merah, ya. Kan, ada juga ikan nila hitam, yang warnanya kayak ikan mujair itu. Ini sekaligus informasi kepada pembaca yang mencari tahu, bagaimana sih ciri-ciri ikan nila merah yang mau bertelur itu? Terlebih lagi, bagaimana caranya agar kemudian beranak?

Ikan Nila telur dan anak

Gambar diatas adalah Tempat Kejadian Perkara (TKP) ketika Nila (nama samaran) ditemukan bertelur dan beranak..

Diantara kesibukan keseharian saya yaitu (klik ya, siapa tahu mau beliin istri baju hehe..) jualan baju muslim online, 2 minggu sebelumnya, saya membeli 4 ekor ikan nila.

Mengapa cuman 4 ekor? Kok tidak sekalian saja beli 40, misalnya?

Simpel. Tak lain dan tak bukan sebab ukuran kolamnya kecil. Hanya 110cm x 40cm.

Kalau kolammu kecil, jangan diisi ikan nila terlalu banyak ya..

Soalnya nanti kalau ikan-ikannya makin membesar, kolam akan overload, yang akhirnya membuat pertumbuhan ikan tak maksimal.

Mereka bisa rebutan makanan. Atau kejar-kejaran. Atau kekurangan oksigen.

Jadinya akan banyak ikan yang mati oleh sebab ekosistemnya tak bagus.

HARGA ANAKAN IKAN NILA

Harga ikan nila anakan yang saya beli sangatlah murah, per ekor 4 ribu rupiah.

Kata mas penjualnya, beli banyak harganya akan lebih murah lagi. 100 ekor nila cuman seharga 25 ribu rupiah katanya. Tapi saya belum perlu sebanyak itu.

Nila berukuran lebih kurang 7 cm ini kemudian saya piara di akuarium saya.

Alhamdulillah, beruntungnya diriku, ternyata dari ke 4 ekor nila itu, kebetulan yg jantan ada 1 ekor, dan sangat suka bercinta.

CIRI IKAN NILA BETINA BERTELUR

Tahunya saya, doi seringnya nguber-nguber ke 3 ekor ikan lainnya. Belakangan saya tahu, doi inginnya berintim-intim ria sama para betina itu hehe..

Begitu dilakukannya setiap hari, sampai kemudian saya mendapati salah satu ‘korban’ nya, hehe, hobi berdiam diri dipojokan akuarium.

Udah gitu, ketika dikasih makan dia tetap mojok gak mau rebutan makanan seperti biasanya, bersama ikan-ikan yg lain (ada ikan koi, ikan manfish atau ikan layang dan juga kura-kura).

Ciri lain selain diem dipojokan, yaitu mulutnya selalu mengatup. Ketahuilah, mulut ikan nila yang mengatup adalah kejadian langka. Aneh.

Sebab mulut mereka normalnya mangap-mangap / megap-megap sepanjang masa..

Kalau sampai ada ikan nila selalu dipojokan dengan mulut mengatup, maka waspadalah: dia bertelur!

Mungkin kamu bertanya-tanya:

Mengapa gitu?

Menurutku, ada alasannya sang nila betina ini selalu mojok dan mengatupkan mulutnya. Mojok karena ingin menjauhkan telur-telurnya dari ikan-ikan yang lain, kuatir dimangsa mereka. Mengatupkan mulut, karena dia mengerami telur-telurnya.

Ya, ikan mengerami telur-telurnya di mulutnya!

Ya, begitulah ciri-ciri ikan nila sedang bertelur, dan lalu beranak.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama piara ikan nila di kolam teras rumah saya.

Intinya, kalau kamu ingin mengembangbiakkan ikan nila, kamu tidak bisa melakukannya dengan mencampurnya dengan banyak ikan lainnya.

Ambil 4 ekor saja, 3 betina 1 jantan, dan letakkan mereka di kolam atau akuarium terpisah. Lalu amati perkembangan mereka hari demi hari. Dengan cara ini kamu bisa beternak ikan nila.

Nah, apa komentar para agan sekalian: apakah agan juga punya pengalaman kayak saya ini? Atau ada pertanyaan seputar ikan nila? Kasih dong komentarnya dibawah..

Siapa tahu, sharing yang agan berikan disini, akan dipetik oleh agan lainnya, dan ujung-ujungnya akan membuat kelestarian ikan nila menjadi a.b.a.d.i. hehe…

>> Eits, sebelum pergi, baca dulu komen-komen dibawah ya, disamping lucu-lucu, juga ada tambahan referensi tips piara ikan nila yang maknyuss lho, berdasarkan pengalaman pribadi mereka..

Hidup IKAN NILA!

Comments:

--------------------------------------------------

saya punya anak cewek umur 3,5 tahun, klo lihat ikan2 dirumah kelrga senang bgt, dr hal itu sya buatkan kolam kecil ukurn 2×2 m dan sya msukan ikan nila merah dan nila hitam ukurn 4 jari manusia. tidak ada rencana utk pembiakan krna hanya ingin pelihara ikan spya anak sya senang dirumah. sekitr 2 bulan dikolam dan ikan2 brtmbah besar, eh tiba2 sore hari sya lihat koq ada anak2 ikan yg sgt kecil (lebih kecil dari ukurn kecebong)dan sya perhataiin lbih dekat ternyata anak ikan nila yg jumlah lmyan, awalnya sya biarkan dikolam trsbut tpi koq ada ikan yg ukurn lbih besar ngejar2 anak2 ikan dan memakannya, nah dri kejadian itu sya pndahkan anak2 ikan tersebut ke tmpat yg berbeda alhmdllah sehat semua,, dan 5 hari kemudian bertambah lagi 2 induk nila yg beranak jadi sekarang makin banyak anak2 nila peliharaan anak saya,, Alhmdllah.

--------------------------------------------------

Ini bnerr gak, saya punya ikan nila di satukan dengan ikan tawes, dia bisa beranak tidak.

--------------------------------------------------

Wah sori saya tidak yakin, tapi sepertinya ikan nila kawin ya dengan ikan nila, ikan tawes ya dengan ikan tawes. Tak bisa disilang. Mungkin sama impossiblenya kalau kita kawinkan ikan lele dengan ikan mas hehe.

--------------------------------------------------

Biasanya ikan agan yang selamat sampai ukuran 3cm berapa ekor? Kasih tips dong cara merawat larvanya, saya punya jg tapi yg sampe 3cm sedikit bgt dari 1 induk paling cuma 10 yg bertahan smpe gede.

--------------------------------------------------

Hai para senior pembudidaya ikan nila.. Saya mau tanya nih. Saya kan dirumah melihara ikan mujair ditempatkan di dalam bak. Nah yg saya pertanyakan apa resikonya ikan mujair di kembangkan di dalam bak.. Dan yg baik itu dimna cara yg pas untuk mengembangbiyakan..minta saran. Nya. Trimakasih.

--------------------------------------------------

Ukuran kolam jadi faktor penentu besar kecilnya ikan.. perhatikan juga kedalamanya, kasih pupuk secukupnya, tapi biasanya saya pakai bio 88, usia 4 bulan rata ratA beratnya 4 0ns.

--------------------------------------------------

@Kevin: Yg berhasil hidup lebih dari 3cm, alhamdulillah diatas 100 ekor pokoknya. Beberapa (sektiar puluhan mati), mayoritas dulu ada kejadian mati listrik dan saya sedang diluar, tak sempat bikin oksigen ‘buatan’. Tipp agar anakan ikan nila sukses membsar, tak ribet sebetulnya. Saya hanya kasih Takari beberaoa butir, lalu saya tumbuk rata dan saya tabur ke bak ikan. Juga, selang 2 hari sekali, saya kasih vitamin berupa kuning telur yang saya larutkan kedalam air segelas, lalu saya guyurkan ke baknya. Itu aja, insya Allah hidup terus tuh anakan nila…

--------------------------------------------------

@Bahtyar: Resiko dari kolam bak, karena terbuat dri plastik, ikan tak akan mendapat tambahan makanan alami. Makanan alami ikan terbaik adalah dari kolam terbuat dri semen. Karena akan mudah tumbuh lumut disana, dan ikan akan senang sekali memakan lumut itu disana. Kolam bak (plastik) itu sama sifatnya dgn kolam kain terpal: tak banyak tambahan makanan alaminya, jadinya perkembangan ikan tak maksimal.

--------------------------------------------------

@hariyono: Thanks bro atas tambahan infonya. Ilmiah banget..hehe….

--------------------------------------------------

Emang tanda nila jantan dan betina kek mana ya? Sy g bisa membedakan sampai skrg.

--------------------------------------------------

Sama..saya jga gak bisa hehe :). Gugling aja dewe ya, banyak kok info cara membedakan nila jantan/betina..
Thanks dah mampir…

--------------------------------------------------

kalau beda nya jantan ikan nila,dia nggak berbintik2,cuman polos,kalau betina dia punyaa corak atau ada bintik atau ada bercak2 atau campuran warna.

--------------------------------------------------

Masak gitu om?? Perasaan banyak kok nilaku yg polos, ternyata cewek! Doi bisa melahirkan…..Ikannya menolak program KB hehehe

--------------------------------------------------

Wakakakakak…ayo ini ada peluang usaha baru: kondom ikan, hehe….

--------------------------------------------------

Perlu di kasi injuk gak gan kebetulan ikan nila yg saya plihara ini lg bertulur gan mohon petunjuk

--------------------------------------------------

Berdasar pengalaman saya, tak perlu om. Apa adanya aja. Malah kalau kolam semen, anakan atau telurnya kadang dia simpan didasar kolam, atau sisa-sisa kotoran disana. Dikasih ijuk, atau yg lain sejenis, itu mugkin dilakukan oleh mereka yg memang peternak ikan; jadi memang profesional. Kalau untuk seneng-senengan kayak kita, sih..natural aja.

--------------------------------------------------

Om, mohon pencerahan. Saya juga beli ikan nila sebesar telapak tangan 4 ekor, 1 jantan dan 3 betina, peliharanya di akuarium. Tapi sejak pertama beli mereka kelahi terus, yang jantannya ngejar dan nyiksa yg betina, dan yang betina sesama betina juga kelahi, seperti memperebutkan daerah kekuasaan. Alhasil sekarang tinggal 1 ekor yang jantan saja, yang betina sudah mati karena kelelahan di kejar terus dan gak bisa makan dengan Tenang. Apakah om ada seperti saya ini?

--------------------------------------------------

@Thelion ya saya pernah ngalamin yg kayak gitu; keempat ikan nila berkelahi terus-terusan dan saling kejar-kejaran. Itu karena ukuran akuariumnya terlalu kecil, sehingga membuat ikan nila gak nyaman, stres, yg akhirnya saling berkelahi. Mereka perlu akuarium yg lebih besar. Yg diingat ikan nila adalah termasuk ikan agresif, jadi mereka perlu tempat yg lapang.

--------------------------------------------------

Saya juga punya ikan nila dikolam rumah dengan jumlah yg banyak. Niatnya cuma mau iseng doang melihara dan gak disadari ternyata saya melihat ikan seperti ikan cere yang sedang dijaga oleh ikan nila yg besar. Lalu saya perhatikan lagi ternyata itu anak nya sendiri dan alhamdulillah nya lagi sudah ada 3 induk yang beranak.

--------------------------------------------------

Wah asyik tuh om..alhamdulillah bberhasil bertelor dan beranak ikan nilanya.. KAlau bisa segera dipisah tuh anak ikannya, sebelum dimangsa sama ortunya..

--------------------------------------------------

Saya punya ikan nila 13 tapi kok lama bertelurnya……di bri apa biar bisa brtlur

--------------------------------------------------

Diberi pakan ikan aja kayak biasanya. Sehari sekali ato 2x. Lama-lama pasti bertelur kok…atau jangan-jangan mereka sudah pernah bertelur, tapi kamunya mgkn yang gak awas; kalau tidak cepat dideteksi dan diamankan, itu telur PASTI akan segera dimakan oleh ikan nila lain yg dewasa..

--------------------------------------------------

Gan, ikan nila merah sama nila hitam bisa kawin kagak?

--------------------------------------------------

Wah sori, belum pernah praktek model kawin ikan kayak gitu..tapi kayaknya sih kagak bisa

--------------------------------------------------

Sy lgi nyoba omm… Seperty yg anda ceritakn.. Hhe… Sedang bertelur dia… Hehee

--------------------------------------------------

On say lagi ternak ikan nila , satu minggu ikan saya berdarah Kaya yg berantem eh esoknya mati ,gimana caranya agar ga mati kaya gitu

--------------------------------------------------

Memang ada 1 atau 2 ikan nila yang nakal, sukanya ngejar temannya. Itu biasanya karena lapar, atau kolamnya kekecilan (akuarium misalnya). Oleh karena itu 1) coba dipisah yang nakal tadi 2) beri makannya 2-3 kali sehari dan 3) perbesar kapasitas kolam / akuarium.

--------------------------------------------------

Saya ada kolam nila yg baru saja saya panen,tp selesai di panen masih ada sedikit yg tertingal.dari beberapa ikan yg tertingal itu ada 1 yg udh dua hari ini mojok di pingir bahkan ngambang kyak ikan mati,penasaran saya pegang kok lari menjauh..iya td sya lihat mulut ikan itu ngatup..brarti mau bertelur donk..duu seneng nya saya.

--------------------------------------------------

Tanya ni gan saya iseng piara nila saat mau saya pindah ternyata ad nila yg sedang ngeami telur d mulut lalu d muntahkan Kemudian telur saya kumpulkan lagi lalu saya jadikan satu dengan indukan. Mungkin ga ni telurnya masih visa menetas walau sdh d sendirikan? Mohon infonya ya gan..

--------------------------------------------------

Admin: Wah, pertanyaannya cukup sulit nih hehe..kalau menurut admin, kondisi seperti diatas, peluangnya 50:50. Melihat tingkat stres si induk ikan nilanya. Jika dia tak terlalu stress atau kaget, bisa jadi dia akan mau lagi mengerami telurnya dengan cara memasukannya kembali ke mulutnya. Tapi kalau sebaliknya, dia akan cuek dengan semua telur-telurnya. Dan lebih ekstrem, itu telur akan dimakannya semua! Anyway..good luck ya!

--------------------------------------------------

Saya juga melihara ikan koi, nila, sepat, komet, barbir (yg kecil) dan green sumatra semuanya satu kolam. kebetulan nilanya sepasang betina dan jantan nah kemarin sempat si betina nila bertelur karena mulutnya ga kebuka2 ditunggu2 pas besok paginya udah kebuka mulutnya si betina krn ngasih makan dan burayak2nya kok ga ada di kolam sampe ngobok2 kolam juga ga ada satupun keliatan wasalam dah mungkin di makan ikan2 lain salah saya dari awal ga misahin betinanya karena ga ada tempat.

--------------------------------------------------

Ikan nila saya mojok dan jika ada ikan lain diserang....apakah ini mau bertelur..Jika ya apakah harus di pindah ke tempat khusus?

--------------------------------------------------

Admin: Sepertinya tidak. Justru kalo sering mojok dan menyerang (menghalau) ikan lain yang mendekatinya, itu seringnya dilakukan oleh ikan nila Jantan. Entahlah, mungkin dia sekedar sedang tidak ingin teritorialnya diganggu oleh pihak lain hehe..Gak lama kok, biasanya dia bosen sendiri lalu membaur kembali seperti sedia kala.

--------------------------------------------------

ARTIKEL TERKAIT:

Detik-Detik Ikan Nila Hendak Melahirkan

Alasan Memelihara Ikan Koi dan Nila

Membuat Kolam Ikan Koi Bahan Terpal

Bagikan Artikel Ini:

Beri Komentarmu, Ya..
Nama
Komentar
Kode Verifikasi (Tulis ulang kode berikut di kotak: TB10 )
 

TOP 10 ARTIKEL ASYIK LAINNYA:

Ikan Nila Mau Bertelur Beranak Dibaca 4.557 x

Mengapa Harus Ikan Koi dan Nila? Dibaca 2.195 x

Detik-Detik Ikan Nila Bertelur dan Beranak di Kolam Dibaca 1.387 x

Bagaimana Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan? Dibaca 1.217 x

6 Alasan Harus Berwisata ke Kawah Gunung Ijen Melihat Blue Fire Dibaca 907 x

Buat Jebakan Burung Mudah dan Praktis Dibaca 775 x

Tanaman Kana - Canna Berbunga Cantik Dibaca 581 x

Matematika Jongkok Namun Kuliah di Jurusan Komputer Dibaca 561 x

3 Cara Merawat Rumput: Simak Agar Rumputmu Terus Menghijau Dibaca 454 x

Inilah 3 Penyebab Wasir Dan 1 Cara Saja Dalam Mengatasinya Dibaca 448 x