Tentang Yang ada di Indonesia - dari Bali.


Bagaimana Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan?


Home > Bagaimana Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan? - Dibaca 2.672 x.

Cara merawat anak kucing ketika masih bayi tentu saja lebih sulit daripada dirawat langsung oleh induknya. Tapi tetap bisa dilakukan. Dari beberapa jenis hewan piaraan keluarga saya, yang menjadi favorit sekarang ini adalah anak kucing. Sudah barang tentu, anak kucing umur 1 bulan ini sedang lucu-lucunya.

Dari umur 1 sampai 2 bulan ini, bayi kucing mungil ini menjadi favorit tak hanya anak-anak saya, tapi juga saya sendiri hehe… Ya, alhamdulillah induk kucing piaraan saya sudah sebulan ini sukses merawat anak kucingnya.

Anak Bayi Kucing Tidur Lemas Usia Satu Bulan

Sebetulnya, induk anak kucing saya yang bernama Oki itu, melahirkan 3 ekor anak kucing. Tapi sayangnya yang seekor mati ketika baru dilahirkan.

Sebetulnya tidak langsung mati begitu dilahirkan, tapi saya rasa mati karena kedinginan. Oki melahirkan anak-anaknya sekitar jam 12 malam ketika kami semua sudah terlelap tidur.

Tahunya jam 12 malam karena ketika kami berangkat tidur jam 10 malam, di teras rumah si Oki tumben ngeong-ngeong gak karuan. Sekedar informasi, saban malam kucing saya tak boleh masuk kedalam rumah dan harus tidur di teras.

PENYEBAB BAYI KUCING MATI

Kami semua tak mengira bahwa mengeong ribut tak seperti biasanya itu, apalagi dia sedang berperut besar, itu tandanya kucing akan melahirkan.

Dan ternyata betul, besok subuhnya ketika hendak berangkat ke masjid untuk shalat subuh, saya menemukan 1 ekor bayi kucing mati terbujur kaku di sebelah induknya.

Kebetulan semalam suntuk itu hujan begitu lebat, maka saya berasumsi bayi kucing yang mati itu karena kedinginan.

Anaknya yang kedua juga mati, itu terjadi pada minggu ke 2. Cepat sekali matinya.

Pagi hari masih terlihat aktif dengan saling berdesakan dengan saudara kecilnya yang lain, menyusu terus di induknya, lha kok sore terlihat mulai lemas dan makin lemas di malam hari, dan esoknya mati.

Saya tidak tahu kenapa itu bisa terjadi.

Nah, sekarang tinggal punya 1 anak kucing yang kami beri nama Kitty. Sedih memang karena yang 2 mati, tapi anak-anak tetap gembira karena masih ada 1 anak kucing yang sehat sampai usia 1 bukan.

Jadinya, terutama anak-anak saya, hari-hari ini hiburan mereka bertambah dengan kehadiran anak kucing lucu dan menggemaskan ini.

Cara merawat kitten / bayi kucing lucu usia satu bulan

Setiap bangun tidur dan hendak berangkat sekolah, Kitty si anak kucing ini yang selalu dielusnya terlebih dahulu.

Omong-omong tentang kucing, banyak alasan yang menyertai mengapa memelihara kucing di rumah sangat dianjurkan.

Selain kucing memang hewan yang ditakdirkan Allah Ta’ala untuk bisa dekat dan bersahabat dengan manusia, kucing juga binatang yang lucu.

Kelucuan kucing itu hampir meliputi semuanya; mukanya, ekornya, gerak geriknya, tidurnya, berjalannya, mengeongnya, pokoknya semuanya.

Selain lucu, kucing juga terkenal sebagai binatang yang suka menjaga kebersihan. Setiap waktu doi selalu menjilati sekujur tubuhnya agar senantiasa bersih.

Kucing kalau habis pup, selalu mencari tempat yang tersembunyi. Terlebih kalau sudah disediakan ember pup berisi pasir, maka sudah pasti kucing akan otomatis pup dan kencing disana. Pinter, bukan?

Sekotor apapun badan kucing, misalnya habis main di comberan atau air sawah, tak sampai 30 menit dia mulai membersihkan tubuhnya sendiri, maka kinclong lagi dia.

Apalagi kalau ada pemilik kucing yang rajin membawanya ke salon binarang, wah bisa dobel kinclong tuh kucing hehe…

Dibandingkan dengan anjing, memelihara kucing jauh lebih enteng dan menghibur.

Anjing disamping super berisik, juga hobi membuat kekotoran. Biaya perawatannya pun sudah pasti lebih murah kucing.

Anjing pupnya saja disembarang tempat, dan boro-boro mau menimbunnya pakai tanah atau pasir.

Baca Juga: Ciri-Ciri Ikan Nila Mau Bertelur dan Beranak

Nah, kembali ke kucing, saya ingin berbagi cerita mengenainya. Terutama tentang bagaimana cara merawat anak kucing usia 1 bulan.

TAHAPAN MERAWAT BAYI KUCING USIA 1 – 2 BULAN

Mengapa kok usia satu atau 2 bulan? Karena usia awal bulan ini adalah usia krusial / rentan apakah anak kucing itu bisa tetap hidup dan sehat, alih-alih mati di bulan pertama.

Berdasarkan pengalaman saya, inilah cara merawat anak kucing, sekaligus saya jelaskan ciri-ciri perkembangan anak kucing dari minggu pertama hingga ke empat (satu bulan):

MINGGU 1
Ini adalah usia paling rentan untuk anak kucing. Terutama hari ke 1 dan 2. Kalau menemukan kucing piaraanmu beranak, segara beri perhatian kepada mereka.

Yang pertama buatkan kandang yang nyaman. Kandang bikinan sendiri dari karton air mineral Aqua juga bisa. Jangan sampai tak punya kandang. Tujuannya agar anak kucing nyaman dan hangat disana.

Yang terpenting juga, beri alas. Alas bisa berupa kain, seperti handuk bekas, kaos bekas, atau keset alas kaki.

Jangan sesekali memisahkan antara induk dan anak kucing, karena mutlak sang anak perlu menyusu kepada induknya. Bahkan, ini adalah satu-satunya sumber pangan bagi anak kucing, tak boleh dikasih makanan atau minuman lain.

Pada minggu 1 ini, anak kucing masih belum bisa melihat dan mendengar (matanya merem dan telinganya menutup).

MINGGU 2
Pada minggu kedua ini, kalau berhasil melewati minggu pertama, anak kucing terlihat makin besar. Matanya sudah sedikit mulai terlihat, dan telinganya sedikit mulai terbuka.

Hidungnya juga sering terlihat bergerak-gerak sedikit. Seperti halnya bayi manusia yang ketika baru lahir secara otomatis dan reflek mencari ASI ibundanya, seperti itu pula yang dilakukan oleh anak kucing.

Oiya hampir lupa, pada minggu ini, seperti halnya pada minggu pertama, sebisa mungkin jangan keseringan kamu mengambil anak kucing dan menggendongnya.

Pada beberapa induk kucing, ada yang yang sensitif dan apabila anaknya keseringan dijamah oleh tangan manusia, dia tidak mau lagi menyusui anaknya. Ini bisa berbahaya.

MINGGU 3
Anak kucing akan makin terlihat sehat. Dia biasanya sudah bisa berdiri. Juga sudah bisa berjalan, walaupun pendek-pendek. Pun jalannya juga agak sempoyongan. Matanya sudah terbuka lebar. Pun demikian dengan kupingnya.

Pada minggu ke 3 ini, anak kucing sudah bisa diajak main-main dikit. Boleh sesekali digendong. Induknya juga biasanya sudah mulai agak tenang, tak waspada lagi kalau ada manusia gendong anaknya.

MINGGU 4
Saya ucapkan, Selamat! Kalau didalam memelihara anak kucing kamu berhasil sampai pada minggu ini, itu artinya peluang anak kucing tumbuh besar dan sehat semakin nyata.

Pada minggu ini anak kucing sesekali sudah mau makan makanan kucing, dalam potongan kecil. Sesekali juga sudah mau minum dari tempat minumnya.

Pada periode ini, anak kucing sudah makin lincah bermain. Sudah tak canggung juga pura-pura saling terkam dengan induknya. Bermain seperti petak umpet juga bisa. Apalagi sekedar lompat-lompat kecil, dia juga sudah bisa.

Untuk informasi terakhir, bagaimana anak kucing buang pup atau buang kotoran?

Selama periode itu, anak kucing tidak pup atau kencing sendiri. Mereka dibantu oleh induknya, dengan cara menjilati anus dan nenen si anak.

BERAPA LAMA INDUK KUCING MENGANDUNG

Omong-omong, tahukah kamu berapa waktu yang diperlukan oleh induk kucing sejak kawin dengan kucing jantan, mengandung dan kemudian melahirkan? Berdasarkan pengalaman saya, lebih kurang waktunya adalanya 60 minggu atau 2 bulan.

Nah, ini informasi untuk kamu apabila kucing piaraanmu sedang hamil dan kemudian melahirkan. Sudah tahu kan, cara merawat anak-anak kucing itu? Selamat menikmati hari-hari lucu bersama anak-anak kucing, dan semoga berhasil.

Comments:

--------------------------------------------------

saya punya anak umur sekolah dasar, klo lihat ada anak kucnig keliaran dekat rumah senengnya minta ampun, dr situ saya berencana belikan kandang kucing ukuran kecil, sekitar muat buat 2 anak kucing kecil, eh tiba2 kepikiran buat beli 2 atau 3 lagi kandank anakan kucing biar sekalian bisa piara banyak anak kucing hehehe...saya inginnya anak saya gak ngejar-ngejar lagi anak kucing di jalanan, cukup main anak kucing yang ada di kandang rumah aja biar lebih terjaga kesehatannya.. Alhamdulillah.

--------------------------------------------------

Ini bener gak, saya punya anak kucing biasa di satukan dengan keturunan kucing persia, mereka bisa hidup rukun tidak?

--------------------------------------------------

Wah sori saya tidak yakin, tapi mestinya sih tidak mengapa mereka disatukan. Kan seringnya kita dengar kucing jalanan kawin dengan kucing yang bagusan (kek persia), kan sukses tuh, anak kucingnya jadi keliatan lebih bagus hehe.

--------------------------------------------------

Biasanya anak kucing agan yang selamat sampai umur berapa hari? Kasih tips dong cara merawat anak kucingnya, saya punya jg tapi paling cuma 1 - 2 harian yang bertahan hidup.

--------------------------------------------------

Hai para senior penyayang kucing dan anak kucing.. Saya mau tanya nih. Saya kan dirumah melihara anak kucing ditempatkan di luar rumah. Nah yg saya pertanyakan apa resikonya jika anak kucing dibiarkan terus diluar rumah, kan hawanya dingin tuh.. Dan yg baik itu dimna cara yg pas untuk merawatnya hingga bisa hidup dan besar..minta sarannya. Trimakasih.

--------------------------------------------------

Ukuran kandang jadi faktor penentu hidup matinya anak kucing.. perhatikan juga volumenya atau jumlah anak kucingnya, kasih populasi secukupnya, tapi biasanya saya isi satu kandang kucing dengan 2 - 4 ekor aja.

--------------------------------------------------

Emang tanda anak kucing jantan dan betina kayak gimana ya? Saya gak bisa membedakan sampai sekarang.

--------------------------------------------------

Sama..saya jga gak bisa hehe :). Gugling aja sendiri ya, banyak kok info cara membedakan anakan kucing jantan atau betina..Terima kasih udah mampir…

--------------------------------------------------

kalau beda nya jantan kucing kecil, dia punya semacam pentil di lubang dekat duburnya. Kalau betina lebih polosan.

--------------------------------------------------

Perlu di kasi alas berupa kain atau appan gtu ya biar anak kucing hangat badannya...gan mohon petunjuk

--------------------------------------------------

Berdasar pengalaman saya, itu sangat perlu om. Alas apa aja. Bisa dri kertas koran, kertas kalender, kain sisa baju bekas atau yg lain sejenis, no problem.

--------------------------------------------------

Om, mohon pencerahan. Saya juga beli anak kucing sebesar lebih kurang umur 1 bulan. 3 ekor. Tapi sejak pertama beli mereka seperti kelahi terus, gulat gulatan kayak wresting gitu. Alhasil sekarang tinggal 1 ekor, yang dua sudah mati karena mungkin kelahi terus yak... Apakah om ada seperti saya ini?

--------------------------------------------------

@Thelion ya saya pernah ngalamin yg kayak gitu; beberapa ekor anak kucing kelahi, tapi sebenarnya itu gak kelahi cuman main-main aja, ya emamng seperti itu mainnya kucing anakan. Cakar-cakaran tapi main-main gak serius. Mustinya sih tak bikin mati mereka..

--------------------------------------------------

Saya juga punya anak kucing dirumah dengan jumlah lumayan banyak. Niatnya cuma mau iseng doang melihara dan gak disadari ternyata dri punya dikit jadi banyak anak kucingnya. Sya sukanya ngumpulin anak kucing liar di perumahan saya, kek kasihan gitu kalau dibiarin terlantar...

--------------------------------------------------

Wah asyik tuh om..alhamdulillah jdi banyak temen tuh kucing-kucing kecilnya.. Kalau bisa segera cariin indukan kucingnya tuh biar mereka lebih terjamin keselamatannya..

--------------------------------------------------

Saya punya bayi kucing lucu2 5 ekor tapi kok lama sekali gedenya ya……di bri makan apa biar bisa segera gede

--------------------------------------------------

Diberi pakan kucing yg dri toko hewan ternak aja kayak biasanya. Whiskas itu contohnya. Ato beli yg timbangan kiloan jga bisa biar murah. Kasih makan jenis anak kucing yg banyak. Lama-lama pasti maki gede anak kucingnya kok…atau jangan-jangan mereka sebenarnya udah gede, tapi kamunya mgkn yang gak awas;

--------------------------------------------------

Gan, kucing jalanan sana kucing persia bisa kawin kagak?

--------------------------------------------------

Wah sori, belum pernah praktek model kawin kucing kayak gitu..tapi kayaknya sih bisa

--------------------------------------------------

Sy lgi nyoba omm… Sepert yg anda ceritakn.. Hhe… Sedang kawin dia… Hehee

--------------------------------------------------

On say lagi memelihara banyak kucing anakan, dah satu minggu ini kaya yg berantem eh esoknya mati, gimana caranya agar ga mati kaya gitu

--------------------------------------------------

Memang ada 1 atau 2 anak kucing yang nakal, sukanya ngajak gelut saudaranya. Itu biasanya karena lapar, atau kurang kerjaan hehe. Oleh karena itu 1) coba dipisah yang nakal tadi 2) beri makannya 2-3 kali sehari dan 3) perbesar kapasitas kandangnya.

--------------------------------------------------

Saya ada kandang kucing yg baru saja saya beli, tp begitu anak kucingnya saya kandangkan kok seperti tak kerasan..ngeong-ngeong terus gelisah. ada 1 anak kucing yg udh dua hari ini mojok di pingir kandang bahkan seperti kyak tak mau makan, ada saran..

--------------------------------------------------

Tanya ni gan saya iseng piara bayi kucing kecil saat mau saya pindah ternyata ada anak kucing itu yg sedang kayak cariin puting susu induknya Kemudian saya kumpulkan dengan kucing dewasa piaraan tetangga... Mungkin ga anak kucingnya mau menyusu terus di indukan lain ibu ini? Mohon infonya ya gan..

--------------------------------------------------

Admin: Wah, pertanyaannya cukup sulit nih hehe..kalau menurut admin, kondisi seperti diatas, peluangnya 50:50. Melihat tingkat penerimaan si induk kucingnya. Jika dia tak terlalu stress atau kaget, bisa jadi dia akan mau lagi menyusui anak kucing yg bukannya anaknya itu. Tapi kalau sebaliknya, dia akan cuek dengan semua semua anak2 kucing itu. Dan lebih ekstrem, itu anak kucing akan digigit-gigitin semua! Anyway..good luck ya!

--------------------------------------------------

ARTIKEL TERKAIT:

Tahukah Kamu Bahwa Kucing Adalah Hewan Paling Bersih?
Induk kucing sedang menyusui anak kucing umur 1 bulan

Mau Stress Reda? Lihat 7 Buah Meme Kucing Gokil & Lucu, Yukz!
Meme kucing lucu agar tidak stres

Bagikan Artikel Ini:

Beri Komentarmu, Ya..
Nama
Komentar
Kode Verifikasi (Tulis ulang kode berikut di kotak: TB10 )
 

TOP 10 ARTIKEL ASYIK LAINNYA:

Ikan Nila Mau Bertelur Beranak Dibaca 11.845 x

Mengapa Harus Ikan Koi dan Nila? Dibaca 5.322 x

Detik-Detik Ikan Nila Bertelur dan Beranak di Kolam Dibaca 4.342 x

Bagaimana Merawat Anak Kucing Umur 1 Bulan? Dibaca 2.673 x

Buat Jebakan Burung Mudah dan Praktis Dibaca 2.407 x

6 Alasan Harus Berwisata ke Kawah Gunung Ijen Melihat Blue Fire Dibaca 2.149 x

Matematika Jongkok Namun Kuliah di Jurusan Komputer Dibaca 1.968 x

10 Alasan Mengapa Sekarang Juga Harus Piara Ayam Sendiri di Rumah! Dibaca 1.635 x

Tanaman Kana - Canna Berbunga Cantik Dibaca 1.583 x

Apakah Jalur Pantura (Pantai Utara) Jawa Itu? Dibaca 1.323 x