Tentang Yang ada di Indonesia - dari Bali.


Buat Jebakan Burung Mudah dan Praktis


Di kompleks rumah saya, karena depan, belakang, dan samping kiri rumah posisinya mepet sawah, banyak sekali burung liar berlalu lalang. Jenis burungnya pun macem-macem. Hampir persis kayak di pasar burung. Ada prenjak, merpati, perkutut atau tekukur, kutilang, dan sudah tentu, burung sejuta umat: emprit.

Jebakan Sederhana Burung Liar

Mereka mirip peragawati berjalan di catwalk.

Kadang lenggak-lenggok di paving perumahan. Kadang bertengger di kabel listrik. Hinggap diatas genting. Dan bahkan ada yang nekat masuk ke teras rumah saya.

Tentu lengkap dengan suara khas mereka: mengoceh, cuit-cuit, gacor, kicau, ngiprit..

Untung tak ada yang mendesah. Jadinya saya tak ikut-ikut berpikiran mesum.

Pernah sekali dua kali, ada burung yang indah nian hinggap di kabel listrik. Merah menyala. Juga pernah ada yang ijo menyala. Tak tahu burung apaan. Pingin sekali tak tangkap.

Oleh karena itu, bersama prajurit terkecil saya, mulailah kami menjalankan apa yg kami sebut dengan: MISI MENANGKAP BURUNG: Cara Membuat Jebakan Burung Liar Sederhana D.I.Y (Do It YourSelf), Di Rumah Anda!

Pertama-pertama, sampean butuh yang namanya kayu, kawat anyaman, tang, gergaji, palu dan paku. Sudah itu saja.

Lalu gergaji kayu menjadi 4 potongan. Panjang terserah kebutuhan. Kalau saya 100cm x 40cm (sebanyak 4 buah). Itu akan digunakan sebagai rangka jebakan burung.

Berikutnya, selubungi 4 potongan kayu tersebut, membentuk bujursangkar, dengan kawat anyaman. Selubungi seluruhnya hingga menutupu sisi depan, belakang, kanan, kiri dan bawah.

Bagian atas jangan ditutupi, karena bagian itu akan menjadi area masuknya burung masuk kedalam perangkap.

Terakhir, agar anyaman kawat kuat menempelnya, paku bagian yang dianggap perlu agar kawat menempel sempurna di kayu. Atau, bisa juga memakai penjepit praktis yang terbuat dari plastik itu.

Agar lebih jelas, silakan lihat gambar yang ada di bagian atas tulisan ini.

Cara membuat kandang jebakan burung ini, lebih kurang sama persis dengan membuat Kolam ikan dari bahan terpal, yang saya bikin sendiri juga.

Kalau sangkar jebakan itu sudah jadi, jangan lupa untuk menaburkan biji-bijian makanan burung di dalam sangkar jebakan. Jenis makanannya disesuaikan saja dengan burung yang sedang diincer.

Kalau tak ingin beli pakan burung praktis yang siap racik di toko burung, bisa pakai dulu bahan-bahan yang biasanya di dapur rumah.

Seperti, beras (putih atau merah). Atau nasi. Bisa juga sisa potongan jagung. Dsb.

Kalau ada burung masuk melalui bagian atas jebakan, ada 2 cara membuat si burung terjebak dan tak bisa terbang meninggalkan jebakan.

Baca Juga: Burung Yang Tepat Dipelihara Oleh Penghobi Burung Pemula

Pertama bisa dengan menaruh lem di sekitar taburan pakan burung, di dalam kandang. Lem tikus atau lem lalat bisa digunakan.

Kedua, dengan membuat tutup pintu otomatis di bagian atas kandang jebakan yang terbuka tadi.

Pintu bagian atas diposisikan sedemikian rupa, dan dihubungkan dengan semacam tali memanjang ditempat dimana kita entah bersembunyi menunggu burung tangkapan masuk kedalam kandang jebakan, lalu tinggal tarik tali itu dan pintunya otomatis menutup!

Terjebak deh burungnya, hehe..

Kalau cara ini masih belum berhasil, tentu sampean bisa melakukan beberapa modifikasi. Disesuaikan dengan kondisi yang sampean alami di tempat kejadian perkara sampean.

ARTIKEL TERKAIT:

Alasan Mengapa Pelihara Burung Kenari dan Puter

Nama
Komentar
Kode Verifikasi (Tulis ulang kode berikut di kotak: TB10 )
   
 

TOP 10 ARTIKEL LAINNYA:

3 Jenis Buku Yang Sebaiknya Dibaca

3 Hal Penyebab Wasir

Backpacking ke Lombok

Cara Mengganti Ban Mobil Bocor

Cara Menjemput Rejeki

Hukum Islam dan Contohnya

Wisata ke Tegalalang Ubud Bali

Matematika Jongkok Tapi Kuliah Informatika

Daster Yang Tepat Untuk Muslimah

Tips Tidur Nyenyak Malam Hari Meski Batuk