Tips Tidur Nyenyak Malam Hari Walaupun Batuk Berdahak Menyerang

Batuk, apalagi disertai dahak, tentu sangat mengganggu. Dan apabila batuk berdahak itu menyerang di malam hari ketika kita seharusnya sedang tidur nyenyak, bisa-bisa kita tak bisa tidur semalaman. Tentu, berbagai macam cara meredakan batuk saat tidur malam hari sangat kita tunggu. Dibawah ini ada pengalaman saya dapat batuk berdahak di malam hari, dan cara menanggulanginya.

Posisi Tidur Yang Benar Ketika Batuk BerdahakKawanz, jaga diri dan kesehatan. Cuaca sedang tak menentu. Panas didalam rumah. Enaknya ngencengin kipas angin atau AC. Tapi awas, kalau kebanteran, sampean bisa masuk angin. Dan rasanya, itu pula yang terjadi pada saya.

Maghrib kemarin ikut pengajian di masjid Annur, Denpasar, lha kok berdehem-dehem terus. Akhirnya sadar, deheman itu disebabkan dahak di tenggorokan. Mulai meriang. Ada yang gak beres dengan badan saya.

Ternyata benar, makin hot pengajiannya, makin hot pula dehem-dehem saya. Yo wes, wa bojo minta tolong dibuatkan air jeruk panas segentong. Sebanyak-banyaknya. Sedalam-dalamnya. Seluas-luasnya.

Niatnya, begitu pulang Isya’, langsung hajar itu gentong (airnya, bukan gentongnya).

Sampai rumah, bukan gentong yang saya temukan. Tapi ceret.. Pelajaran moral: cintailah istri Anda sekedarnya saja. Sebab, ketika darinya Anda mengharap Gentong tapi yang didapat Ceret, Anda tak akan begitu kecewa..

Tapi toh, air jeruk ceret itu tetap mujarab. Badan saya langsung segar. Hangat kembali. Meriang ilang. Dan jam 9 malam langsung tidur.

Ternyata gak bisa tidur..Duh…

Sampean tahu, segala macam penyakit hobinya datang di malam hari. Termasuk si dehem ini. Selama 4 jam itu tenggorokan saya gatal. Selama itu pula saya mondar-mandir ke kamar kecil buang dahak.

Dan gatal selalu berteman dengan dehem. Mungkin mereka sudah berteman sejak kanak-kanak. Atau sejak balita. Ah, tak tahulah. Walhasil, sampai jam 1 malam mata saya sukses terus membuka.

Hingga tepat jam 1 menit 15 detik 30, Allah Ta’ala mengingatkan sebuah ilham, ilham yang sama saya dapatkan sekitar 3 bulan yang lalu ketika batuk yg sama jga menyerang: tidur dengan kaki terangkat!

Dan, it works! Alhamdulillah….Sukseslah saya terlelap tidur sepanjang sisa malam itu, bahkan sukses tidak shalat subuh di masjid hehe 🙂 Kebablasan..

Sampean coba wes..Kalau mungkin sekarang sedang sakit batuk dan gak bisa tidur, baik siang/malam.

TIPSNYA: TIDURLAH DENGAN POSISI KEPALA LEBIH RENDAH DARI KAKI.

Sekarang ini, alhamdulillah dah sehat wal afiat 🙂 InsyaAllah

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim Online di Bali

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)