Resensi Buku: The Science & Miracle of Zona Ikhlas

Erbe Sentanu hadir kembali dalam buku terbaru The Science & Miracle of Zona Ikhlas. Buku seri terbaru ini adalah kelanjutan dari buku Quantum Ikhlas: Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati yang telah terbit sebelumnya dan mendapatkan banyak apresiasi dari penggemarnya yang ada di Indonesia dan mancanegara. Di buku ini Erbe Sentanu melanjutkan eksplorasi dan penghayatan yang jauh lebih mendalam tentang makna dan hakikat ikhlas. Sikap ikhlas ‘khas’ Indonesia yang menjadi cetak biru (blue print) teknologi kekuatan keikhlasan hati dalam melakukan transformasi diri menuju ketenangan kehidupan sejati yang menjadi dambaan setiap manusia.

Mas Nunu (demikian sapaan karibnya) di buku ini juga banyak memberikan kisah dan pengalaman dari para peserta konselingnya di KataHari Institute, sebuah lembaga bimbingan konseling keikhlasan yang dia kelola bersama istri. Kisah (nyata) yang disajikan dibuku ini beberapa diantaranya sangat memukau dan kadang diluar nalar biasa manusia. Sebuah kejadian atau pengalaman hidup yang bahkan terbersit di pikiran pun tidak ada, namun nyata adanya. Dan kesemuanya itu bermuara kepada sikap dan perilaku fitrah manusia yang bernama ikhlas.

Membaca buku karya Erbe Sentanu yang anggota dari Global Spiritual Computing Research Group dan Institute of Noetic Sciences ini kita akan diajak untuk berpikir jauh melampaui dari sekedar positive thinking atau berpikir positif. Lebih dari sekedar itu adalah kita perlu yang namanya positive feeling atau berasa positif. Berpikir itu terpusat di otak, namun berasa bermuara dari hati. Oleh karena otak dikendalikan oleh hati, maka segala perilaku baik atau buruk manusia itu sangat ditentukan oleh kualitas hatinya, dan bukan otaknya.

Dengan bermodalkan ikhlas dalam setiap keseharian hidup kita, bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan dan ilmiah bahwa kualitas kehidupan kita itu bukanlah nasib, namun pilihan. Bahwa sesungguhnya kita mau menjadi miskin atau kaya, sakit atau sehat, loyo atau bertenaga, dsb. itu tinggal kita yang memilih.

Disebutkan juga dalam buku ini beberapa wejangan atau kata mutiara dari beberapa tokoh terkenal didunia ini dari Nabi Muhammad SAW sampai Barack Obama, dari Bunda Theresa sampai Albert Einstein, dsb. Kesemua kata mutiara tersebut berkisar kepada pengenalan kepada diri sendiri berikut kekuatan hati bernama ikhlas yang sudah default ada disana sebagai anugerah Tuhan kepada hambanya. Hanya saja manusia ini seringnya lupa akan adanya kekuatan terbesar manusia ini dan cenderung lebih membesarkan nafsu daripada ikhlas.

Judul: The Science & Miracle of Zona Ikhlas: Aplikasi Teknologi Kekuatan Hati
Oleh: Erbe Sentanu
Penerbit: Elex Media Komputindo
Hal: 492

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

[…] yang tadi saya taruh didekat ban mobil saya itu adalah buku The Science & Miracle of Zona Ikhlas. Mengapa bisa sampai dibawah mobil dekat ban? Tas pinggang kecil yang jadi teman wajib saya pas […]

Walah mas saya beberapa kali searching di google tentang bali kok selalu nyambung ke situs anda, setelah saya lihat profile anda, kita sama2 dari mojokerto n kerja di bali. Eh terakhir baca blog ini jadi kita sama2 satu hal lagi, senang n telah membaca buku ZI. Kalau mau bukunya balik ya coba di ikhlaskan saja mungkin nanti Allah bisa kasih ganti yang baru.. Amiin

Hehe..salam kenal mbak Mey yang sesama dari Moker 🙂

[…] Judul: The Science & Miracle of Zona Ikhlas: Aplikasi Teknologi Kekuatan Hati Oleh: Erbe Sentanu Penerbit: Elex Media Komputindo Hal: 492 (sumber) […]

pengen banget baca bukunya,tapi carinya k sulit ya???disini belum ada kayaknya.adanya dimana ya???

Leave a comment

(required)

(required)