Resensi Buku: The Go-Giver – Sang Pemberi

The Go-Giver atau Sang Pemberi adalah – seperti yang tertera disampul buku edisi bahasa Indonesianya – sebuah cerita singkat tentang ide bisnis yang penuh kekuatan. Buku karangan Bob Burg dan John David Mann ini berkisah tentang seorang profesional muda bernama Joe yang bekerja di sebuah perusahaan dengan bekerja sangat keras, cepat dan mengarah ke posisi puncak. Pendeknya, Joe adalah tipikal profesional muda masa kini yang bekerja penuh ambisi dan berkeinginan untuk menjadi bintang dibidangnya.

Namun betapa pun kerasnya dia bekerja dan terus bekerja, rasa-rasanya Joe semakin jauh dari apa yang dikatakan sebuah kemakmuran. Entah apakah itu kemakmuran finansial, kepuasan batin, ataupun dalam hal rumah tangga. Semakin dia mengejar kesuksesan itu, semakin menjauh pula kesuksesan itu. Sampai pada suatu waktu, lewat perantara seorang teman kerjanya, Joe bisa bertemu dengan Pindar – Sang Ketua – yang memberinya secara gratis apa yang disebutnya Lima Hukum Kesuksesan Tertinggi.

The Go-Giver mencoba memberi pengertian kepada semua orang di seluruh dunia, bahwa kita selama ini sering terjebak kepada sesuatu yang salah, namun itu dianggap benar. Salah satu contohnya adalah anggapan selalu memberi untuk orang lain (apakah itu dalam bentuk materi, ide, perhatian, dsb), maka kita akan menjadi bangkrut. Atau kekayaan tidak akan berpihak kepada kita.

Ternyata pada kenyataannya, sifat gemar memberi ini justru sebaliknya akan membuat pelakunya bertambah makmur dan bertambah kaya. Lewat beberapa contoh kejadian, The Go-Giver menceritakannya dengan sangat mudah, menarik, dan lugas. Pesan yang disampaikannya jelas, yaitu : “Berilah, dan Anda akan menerima”.

Lewat salah satu tokoh utamanya, yaitu Pindar – Sang Ketua, The Go-Giver menceritakan mengenai kisah 7 hari pertemuan-pertemuan. Pindar mempertemukan Joe dengan orang-orang yang telah lama dikenalnya, yaitu sederetan Sang Pemberi yang berprofesi sebagai seorang pengusaha restoran, seorang CEO, seorang penasihat finansial, seorang agen real estate, dan seorang lagi Sang Penghubung. Khusus Sang Penghubung ini baru bisa disingkap siapa dia sebenarnya di bagian akhir cerita, yang membuat Joe terlompat kaget.

Lima Hukum Tertinggi Kesuksesan yang terungkap di buku ini sebenarnya sudah kita pahami. Hanya saja seringnya kita melupakannya karena sudah tergerus oleh anggapan-anggapan salah kaprah yang sudah mendarah daging di kehidupan masyarakat. Dan parahnya mayoritas masyarakat mengamininya. Hanya sedikit orang yang mampu mengingatnya. Tidaklah mengherankan, jumlah orang yang sukses itu sangatlah sedikit dibanding jumlah orang yang kurang atau tidak sukses.

Judul Buku: The Go-Giver Sang Pemberi
Pengarang: Bob Burg dan John David Mann
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Halaman: 142

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

[…] Berilah, Maka Anda Akan Menerima Saturday, July 04th, 2009 | Author: Arif Haliman Buku The Go-Giver Sang Pemberi yang saya resensi kemarin menurut saya sangat unik. Tidak saja karena buku ini ditulis dalam bentuk […]

Leave a comment

(required)

(required)