Prospek Bisnis Rental Mobil di Bali tahun 2009

Tahun 2008 hanya tinggal menghitung hari saja, dan akan berganti ke tahun 2009. Sepanjang tahun 2008 sampai dengan tulisan ini dibuat syukur alhamdulillah bisnis Bali car rental saya berjalan dengan sangat baik. Malah terjadi lompatan yang sangat mengesankan: Bertambah lagi satu website Bali car hire, income naik hampir 3 kali lipat, dan sudah memiliki 1 unit Toyota Avanza milik pribadi sejak Februari 2008. Rencananya insyaAllah mobil ke 2 akan datang April 2009 karena sudah indent sejak bulan kemarin.

Hanya saja dalam menyongsong tahun 2009 ini terus terang ada sedikit keraguan yang menghadang. Tidak lain tidak bukan adanya isu krisis keuangan di tingkat dunia. Bagaimanapun juga krisis finansial global ini akan membawa dampak yang lumayan signifikan. Telah diketahui yang paling parah menanggung dampak krisis ini adalah kawasan yang telah menjadi main market saya, yaitu Eropa.

Seperti sudah diberitakan bahwa Eropa sudah dinyatakan resesi, alias miskin. Lha, kalau mereka sudah dinyatakah miskin, lantas apakah kebutuhan sekunder kayak liburan ke Bali masih akan menjadi primadona mereka? Logikanya, mereka mestinya lebih mendahukukan kebutuhan primer seperti makan, pendidikan, pakaian dan tempat tinggal. Liburan? Ya mungkin lain kali kalau keadaan sudah mulai membaik.

Seperti diketahui, warga negara Eropa seperti Inggris, Spanyol, Jerman, Belanda atau Perancis adalah warga negara yang sangat gemar bepergian (pleasure). Dan Bali menjadi salah satu tempat wisata favorit mereka. Website Bali car rental saya banyak sekali mendapat tamu dari negara-negara tersebut diatas. Kalau kemudian mereka tidak begitu punya uang untuk pergi liburan, lantas bagaimana dengan nasib bisnis rental mobil saya?

Namun rupanya kekhawatiran seperti ini tidak saya alami sendiri. Beberapa kawan dan pemilik tempat usaha (pariwisata) di Bali juga mengalami was-was yang ama dengan saya. Tahun 2008 apalagi mendekati peak season Tahun Baru masihlah sangat ramai dan menyenangkan. Permintaan mobil dan tingkat hunian hotel sudah melampaui batas wajar, alias sudah sulit mencari mobil dan kamar hotel bahkan sejak awal Desember. Namun, siapa bisa mengira begitu tahun berganti menjadi 2009? Maka indikasinya mungkin bisa diteropong pada awal-awal bulan seperti Januari atau Februari, dan mungkin Maret. Kalau usaha kita diawal bulan-bulan itu masih stabil, berarti insyaAllah kedepannya akan juga tetap stabil. Kalau sebaliknya mulai menunjukkan tren menurun, bersiaplah untuk menghadapi segala kemungkinan.

Omong-omong, apa langkah preventif saya apabila itu memang terjadi ? Saya sepertinya akan meng-cancel pembelian Avanza saya yang ke 2 :)

Namun dengan senantiasa fokus dan berharap plus doa bahwa semuanya akan baik-baik saja, saya berusaha tetap optimis, yakin dan bertambah bersemangat bahwa sepertinya tahun 2009 ini malah akan membawa kebaikan dan keuntungan yang lebih berlipat! Maklum, soalnya sedang dalam semangat tinggi karena ada rencana beli rumah ;) Amin.

Bookmark and Share

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

[...] saya lirik? Sepertinya saya akan tetap fokus di bisnis sewa mobil di Bali sambil mem-forecasting prospek usaha rental mobil tahun 2009. Busana muslim? Pasti insyaAllah juga tetap fokus. Bahkan English version untuk penjualan busana [...]

Apa yang telah dilakukan oleh Anda adalah jempolan. Terutama menggunakan kekuatan internet dan search engine. Google menjadi salesman anda dan kami ucapkan selamat. Banyak orang Indonesia yang telah mengerti dan mempraktekkannya. Semoga senantiasa makin maju. Sama maju dan semoga kami di 2009 bisa menjadi nara sumber tetap di radio SMART FM. Sukses selalu…..Bravo.

salut mas,..saya juga sudah merintis bisnis rent car. saya baru memiliki satu unit Suzuki APV. selama ini saya memasarkan bisnis saya baru melalui teman ke teman karena kebetulan banyak teman saya yang sering menggunakan jasa rent car. kalau boleh saya ingin sharing dengan mas. kalau boleh saya minta nomor kontak mas atau alamat email. trims before.

Sip mas Made..

Hanya saja untuk sekarang untuk stok mobil saya masih cukup suppliernya mas :)

Maju terus pantang mundur!

Leave a comment

(required)

(required)