Mengapa Kucing Sebagai Binatang Peliharaan Paling Pintar

Ada banyak sekali tulisan yang membahas tentang kehebatan dari binatang yang bernama kucing. Dari mulai kelincahan dan kelenturan tubuhnya, kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan dan cuaca, sampai kegemarannya dalam menjaga kebersihan. Ada juga lho yang membahasnya dari sisi agama (Islam), seperti kucing itu adalah binatang kesayangan nabi, dan hukum kesucian bejana yang dipakai sebagai tempat minum dan makan kucing. Pokoknya banyak sekali. Dan tulisan saya berikut ini (dari pengalaman pribadi) untuk semakin melengkapi kehebatan kucing, sehingga tidak perlu ragu-ragu untuk memelihara kucing di rumah, karena memang banyak sekali keutamaannya.

Oki sedang menyusui anak-anaknya :)

Oki sedang menyusui anak-anaknya 🙂

Peristiwanya baru saja terjadi, ketika saya mudik ke Jawa selama 5 hari (rumah saya di Bali), dan kucing sekali lagi membuktikan sebagai binatang yang super cerdas dan mandiri.

Ceritanya, Oki kucing warna krem peliharaan kami di rumah, kami tinggal mudik. Sebelumnya, dia memang sudah bunting besar. Demikian besar buntingnya, sampai saya yakin kalau nant ianaknya lahir, pasti ada 4 ekor!

Baca Juga: Cara Merawat Anak Kucing Usia 1 Bulan

Saya pun juga sudah curiga. Ketika ditinggal mudik pasti dalam hitungan hari berikutnya akan melahirkan. Dan perkiraan saya terbukti..

Ketika saya balik ke Bali 5 hari kemudian pada malam hari, si kucing gak ada di teras rumah. Saya cek dua tempat makanan yang sudah disiapkan sebelum kami meninggalkan rumah, keduanya habis ludes. Begitu juga dengan tempat minumnya. Merasa itu adalah hal yang wajar, karena bisa saja dia main keliling perumahan seperti biasanya, kami meneruskan sibuk memasukkan barang bawaan dari mobil ke dalam rumah.

Dan tak sampai 5 menit kemudian, kucing kami itu datang..

Dengan ketenangan dan kesenyapan seekor kucing, tiba-tiba saja dia sudah ada di pintu rumah. Mengeong pelan, jilat-jilat ekornya sebentar, lalu menatap mata kami sekeluarga. Anak-anak yang memang suka banget sama kucingnya itu, langsung berhamburan ke arahnya 🙂 dan lupa dengan bantu-bantu menurunkan barangnya 🙁

Salah seorang anak kami berteriak, ‘Perut Oki kempeeessss….’. Oh, benar dugaan saya, anaknya sudah lahir!

Dan kesibukan kami sejenak beralih berhamburan ke penjara teras rumah, untuk mencari tahu dimana gerangan dia menaruh anak-anaknya. Apakah dibawah tandon air, dibawah kursi taman, di dekat pompa air, atau dibalik dinding kolam ikan? Ternyata, tidak ketemu!

Soalnya kami penasaran, melihat anak-anak kucing yang baru lahir itu memang sangat menyenangkan.  Gerakannya lucu. Dengan matanya yang masih belum terbuka, anak kucing (kitten) biasanya hanya bisa ngesot muter-muter mencari nenen induknya untuk dihisap hehe….

Oiya..Sebelumnya, Oki juga sudah pernah melahirkan. Jadi ini adalah persalinannya yang kedua 🙂

Dari sinilah saya menyaksikan sendiri, bahwa kehebatan dan kepintaran kucing itu bukan omong kosong..

Karena sudah malam, kami menutuskan untuk cepat tidur. Sejenak, kami lupakan dimana Oki menaruh anak-anaknya. Tapi besok paginya, kami terkejut karena tiba-tiba saja dia datang sambil membawa satu ekor anak kucing!

Cara membawanya yaitu dengan digigit diantara gigi-giginya. Sebetulnya itu tidak menggigit. Hanya seperti mencengkeram, tidak pakai tangan, tapi gigi. Jadinya tentu tidak sakit bagi si anak kucing.

Baca Juga: Humor Meme Gambar Kucing Yang Lucu & Gokil

Ruang tamu, tempat terbaik membesarkan anak kucing

Ruang tamu, tempat terbaik membesarkan anak kucing

Sejenak dia celingak-celinguk, mau ditaruh mana enaknya? Akhirnya, dia memilih menaruh anaknya di pojokan dekat tembok. Selesai menaruh anaknya, dia keluar rumah, dan balik lagi bawa anak ke 2! Lagi ke luar rumah, dan bawa anak ke 3…

Karena penasaran, emangnya dia punya anak berapa?? Lalu saya ikuti diam-diam..dan ternyata dia melahirkan anaknya di rumah tetangga sebelah! Dan pintar sekali memilih tempat, yaitu di dalam rumah-rumahan / bedeng yang berisi pompa air yang sudah lama mati tak dipakai. Jadinya, super aman!

Aman dari hujan, aman dari gangguan binatang lain, pokoknya terlindungi. Karena sisi yang terbuka hanya bagian depan. Belakang, atas, kanan kiri semuanya tertutup batako..Dan mungkin juga si pemilik rumah juga tak menyadari bahwa ada kucing yang melahirkan di pompa air bekasnya hehe…

Kalau kita perhatikan, kucing tak pernah tinggal atau menetap di sebuah rumah yang kosong. Sedapat mungkin dia akan ada di sekitar rumah yang berpenghuni. Kucing seakan tahu bahwa jaminan ada makanan adalah di rumah yang berpenghuni. Sangat pintar!

Begitu juga kalau kucing melahirkan. Meskipun kami tinggal mudik dan sudah kami persiapkan alas tidurnya, juga makanan plus minumannya, toh kucing kami tetap tak mau melahirkan di rumah kosong sementara kami itu. Dia lebih memilih untuk pergi ke tetangga sebelah, dan melahirkan disana.

Kalau dipikir-pikir, tempat tidur kucing yang telah kami persiapkan untuknya, jelas jauh lebih nyaman daripada tidur bersama anak-anaknya di dekat pompa air. Tapi, itulah kucing, merasa lebih nyaman dan aman apabila menetap di sebuah rumah yang berpenghuni. Bukan rumah kosong.

Dan tahukah berapa total anaknya kali ini? 5 ekor anak kucing! Wooaaa…alhamdulillah, Allahuakbar!

Jadi, jangan ragu dan merasa repot apabila ingin memelihara kucing. Mereka bukan binatang yang merepotkan, kok..

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim Online di Bali

Busana Muslim Berkualitas

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)