Matematika Jongkok Kok Kuliah Jurusan Komputer?

Pertanyaan diatas kerap sekali diajukan oleh teman-teman saya, baik pada saat saya masih menjalani bangku perkuliahan ataupun saat sudah mentas dari sana dan memasuki masa bekerja-profesional-8-jam-sehari-namun-akhirnya-gak-merasa-nyaman itu. Bahkan sekarang ini, beberapa teman lewat obrolan santai masih juga sempat terlontar pertanyaan itu, demi mengetahui saya kurang gape matematika namun ternyata saya alumni mahasiswa jurusan komputer.

Kuliah Informatika Menjadi Internet MarketerSekedar informasi, saya adalah alumni Universitas Brawijaya Malang jurusan MITEK (Manajemen Informatika dan Teknik Komputer). Disana saya mengambil jurusan Manajemen Informatika. Sudah tahu semua kan apa itu jurusan? Ya, saudara-saudara, itu jurusan perkuliahan yang secara khusus mempelajari software atau perangkat lunak komputer. Sekedar informasi juga, bahwa semua mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan dijejali dengan beberapa mata kuliah pokok seperti Logika, Algoritma, Pemrograman Terstruktur, dsb. Tidak ketinggalan juga ilmu statistika kayak Deskriptif dan Probabilitas.

Nah, kuliah di jurusan komputer berarti juga akan mempelajari makhluk mengerikan yang bernama Matematika. Ya, matematika! Saya sebut mengerikan karena perut saya bisa langsung mules bahkan hanya dengan membayangkannya. Buat sebagian orang mungkin matematika adalah pelajaran yang sangat menyenangkan, mengasyikkan dan membikin kangen. Tapi buat saya, matematika adalah a-must-avoided-lesson, sebuah pelajaran yang (kalau bisa) wajib dihindari hehe.. 🙂 . Matematika yang dipelajari disini mencakup sekitar ilmu Aljabar, Trigonometri, Kalkulus, walah, apa lagi ya..Saya gak bisa melanjutkannya, perut mules 😉 .

Matematika itu gampang? Ya, saya akui bagi kamu semua mungkin memang gampang. Tapi buat saya? GAK DEH! Mungkin saking emohnya, bisa saya umumkan dan membuat klaim bahwa saya adalah orang yang paling tidak bisa dan tidak akan pernah suka matematika hehe 😉 .

Lantas mengapa saya masih nekat juga dulu jadi mahasiswa komputer? Saya juga agak heran dan agak bingung menjawabnya. Pokoknya sejak SMA sudah tidak nyambung kenapa kemudian setelah lulus saya bisa kuliah komputer. Waktu di SMA saya mengambil jurusan Bahasa. Alasan saya sederhana saja waktu itu: Mau ambil IPS, ya gitu-gitu aja IPS itu, adem ayem 🙂 (maaf buat para alumni IPS..). Mau ambil IPA, walah disitu nanti ketemu matematika nan bejibun. Ya udah, ambil bahasa saja deh. Lumayan, bisa belajar bahasa Inggris dan Bahsa Jepang (syahdan, beberapa tahun kemudian, pilihan saya ternyata tepat ambil jurusan Bahasa, soalnya mantan bos saya di Bali seorang bule).

Singkat cerita, ya sudah, setelah lulus SMA, bukannya ikut daftar UMPTN jurusan Sastra Inggris atau Sastra Jepang misalnya, saya kok malah daftar Manajemen Informatika!! Gubrak! Kemudian ndilalahnya (*halah, boso opo iki..*) kok malah diterima?? Piye Unibraw iki??? Lha wong padahal tes masuknya juga (lagi-lagi) ada matematikanya.

Ya gitu deh, kembali ke pokok paragraf pertama tulisan ini, menjawab pertanyaan teman-teman kok bisa-bisanya ora iso matematika tapi bisa kuliah jurusan komputer? Ternyata lambat laun saya menyadari bahwa belajar ilmu komputer itu tidak melulu belajar hal matematika. Ada ilmu lain yang lebih penting dan utama, yaitu Logika. Yeap, LOGIKA.

MENGAPA HARUS LOGIKA

Bisa dibilang, logika dan algoritma adalah segalanya di jurusan kuliah Informatika.

Seperti ini contoh gampangnya dalam dunia nyata: Saya ada di Denpasar dan saya ingin pergi ke Surabaya. Nah, logika saya dituntut bagaimana supaya saya bisa sampai di Surabaya secara efektif dan efisien! Itu saja. Mau pakai pesawat terbang, pakai mobil, atau jalan kaki, boleh terserah. Mau melek terus selama perjalanan, mau tidur, mau ngobrol dengan supir, silakan terserah. Entah dengan cara yang bagaimana, pokoknya prinsip efektif dan efisien harus dipenuhi.

Di jurusan perkuliahan komputer, mata kuliah ini wajib ada, karena setiap lulusan mahasiswa komputer harus kuat logikanya. Logika dalam membuat alur diagram program komputer dan mengaplikasikannya dalam bentuk kode sumber (source code) secara efektif dan efisien sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah keluaran (output) yang salah satu manfaatnya bisa digunakan untuk membantu mempermudah pengambilan keputusan (decision making) sebuah badan atau organisasi.

Kemampuan kita dalam menghasilkan sebuah program atau aplikasi komputer yang diinginkan sangat tergantung dalam kemampuan kita dalam berlogika. Program komputer bisa bermacam-macam wujudnya. Begitu juga dengan aplikasi.

Tidak jauh-jauh dari keseharian kita contohnya, program kasir di supermarket atau apotek, program bengkel di bengkel mobil atau motor, dan sebagainya, banyak. Untuk contoh sebuah aplikasi juga tak kalah banyak; misalnya aplikasi Gojek untuk memesan layanan transportasi, dan aplikasi Republika untuk membaca surat kabar secara online.

WordPress yang kita pakai ini pun juga salah satu contoh onlinenya. Atau, jualan online Baju Muslim saya ini contoh lainnya.

DARI KULIAH INFORMATIKA DAN MATEMATIKA MENUJU PEBISNIS ONLINE

Sekedar mengembangkan pengetahuan, contoh lain, yang mulai populer sejak kira-kira 5 tahun yang lalu, 2012, yaitu bermunculannya marketplace yang harus diakui sanggup mengubah landscape peta bisnis online di Indonesia, terutama dalam hal mengubah kebiasaan para pembeli online.

Sebelum 2012, bisa dibilang praktis orang berbelanja melalui sebuah website. Contohnya apabila ingin berbelanja busana muslim, orang tinggal mencarinya di Google dengan mengetikkan kata kunci seputar ‘sale busana muslim’, dan muncullah website ini di hasil pencarian misalnya, http://www.muslimbusana.com. Dan di website tersebut bisa langsung memilih baju apa saja yang ingin dibeli.

Namun sekarang, orang punya lebih banyak pilihan. Misalnya berbelanja di marketplace, seperti BukaLapak, Tokopedia, OLX, dll. Tak melulu harus berbelanja melalui website.

Ditambah pagi dengan boomingnya media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, dsb. Terutama Facebook, para pembeli online sekarang terbanyak berasal dari media sosial ini. Sehingga tak pelak, disamping bermunculan para pembeli online baru, bermunculan juga para pemasar online baru. Dan disadari atau tidak, para pemasar online ini sangat berpeluang besar untuk lahir dari lulusan perguruan tinggi yang mempelajari bidang komputer, utamanya yang berhubungan dengan internet (teknik informatika, manajemen informatika atau ilmu komputer).

Kembali ke pokok bahasan kita yaitu ilmu komputer. Logika itu kita bawa terus mulai dari disain sistem sampai biasanya sembari kita menulis kode sumber. Bagaimana caranya agar kode sumber kita itu mudah dan cepat untuk dieksekusi sehingga akan menghasilkan keluaran seperti yang diinginkan. Jangan sampai logika kita mandek. Akibatnya bisa ditebak, program komputer itu tidak bisa jalan. Atau kalaupun jalan, biasanya hasilnya akan ngawur.

Nah, sekali lagi, secara sederhana, logika itu berbeda dengan matematika. Bahwa matematika itu mutlak dibutuhkan sebagai penunjang kemampuan logika kita, itu memang betul. Namun yang diingat sekali lagi, matematika itu berbeda dengan logika. Jadi, gak bisa matematika tapi lulus dari jurusan komputer? Senangi aja Logika-nya!

Ingat, dengan kamu kuat di logika, peluangmu untuk berkarir setelah lulus kuliah, tak terpaku pada bidang teknologi informasi saja. Bisa saja kamu berkarir di bidang lain yang tak ada hubungan langsung, namun tetap erat berkaitan.

Contoh mudahnya seperti yang dibilang diatas, yaitu menjadi pemasar online. Sesungguhnya, ini adalah jenis pekerjaan yang sedang ngetren saat ini. Pemasar online, atau juga dikenal dengan sebutan online marketing, sedang digandrungi banyak orang, terutama para usia muda.

Tak heran, soalnya pilihan karir ini membuka peluang tak menjadi orang kantoran, alias kerja untuk diri sendiri. Dan kerjanya di rumah. Tak perlu berangkat pagi pulang malam, tak perlu dimarahi bos, tak perlu kena macet.

Tapi tentu, semua ada prosesnya, semua ada tantangannya. Namun, sebesar apapun tantangan, terutama kalau kamu yang masih muda usia dan bisa menjaga semangat dengan baik, insyaAllah bisa melaluinya dengan baik.

Sabar dan Tekun. Fokus dan Antusias. Doa dan Sedekah. Itu kuncinya.

Saya sama sekali tak bisa matematika, dan itu seperti stempel bahwa saya akan gagal di Informatika. Tapi alhamdulillah saya toh tetap bisa lulus, dan bisa sukses menjadi pebisnis online. Padahal dulunya, ya kuliah manajemen informatika, tak terpikir sama sekali untuk punya bisnis online 🙂

Oiya, terakhir, hanya buat kamu yang memang serius kuliah / belajar informatika. Baca ulasan ini dan ini, dan insyaAllah besar peluangmu untuk tak hanya menjadi mahasiswa komputer, namun juga pebisnis online!

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim Online di Bali

Busana Muslim Berkualitas

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

[…] adalah komputer dan internet yang menjadi keseharian saya adalah kesesuaian dari jalur pendidikan kuliah jurusan komputer yang dulu saya tempuh yaitu Manajemen Informatika. Artinya, saya tidak salah pilih […]

makasi nih atas ceritanya
kebetulan saya jurusan IPS,tapi ketrima di jurusan Pendidikan TI
tapi masih takut ma Matematika, takut gak bisa,
maklum bukan Math Maniac

Makasi mas, atas postingannya!
bermanfaat sekali loh…
saya sendiri kuliah jurusan Sipil.
sejak lulus SMA saya berniat masuk jurusan komputer, tapi ortu saya tidak ngijinin…
dan tibalah saya di tempat-penuh-penderitaan-bagi-saya yg disebut jurusan sipil. Di situ, bukan hanya makhluk menakutkan matematika yg dihadapi, tapi monster fisika bserta makhluk2 penjelmaan seperti statika, ilmu ukur tanah dll yg bakal dihadapi. stress bngt deh..!! (hehe jdi curhat nih..)
saya ada ada niat untuk berhenti dari sipil dan bersih keras untuk masuk jurusan komputer. Awalnya saya sempat ciut karena takut pelajarannya lebih susah dari sipil.
Tapi setalah membaca postingan anda motivasi saya jdi bertambah nih!!
dan Tekad saya pun telah bulat! MASUK JURUSAN KOMPUTER!!

sekalih lagi, Terimakasih atas postingan bermanfaatnya!

kuliah komter dimana???
di UNUD????
saya perlu info teknik informatika UNUD…..
coz mau nglanutin ksana
dari SMAN jurusan bahasa juga….

@ferry: sip sip bro
@krisna: Unibraw Malang om. Coba lihat2 disini untuk infonya http://www.unud.ac.id/

Postingannya bagus mas…
Tadinya dah patah semangat mau kuliah ngambil jurusan TI.. Tapi setelah baca postingan ini semangat aku membara…!
Thanks infonya mas

mas bagaimana cara daftar MITEK di brawijaya dari jurusan IPS???bisa masuk gak jurusan IPS ke jurusan informatika di PTN lain???klo bisa PTN mna???

hebat sekali mas….
saya juga ga suka pelajaran matematika ( suka dikit ) <= kalo ga suka ntar ga bisa lulus…
saya anak SMA jur IPS mau daftar IT bisa ga ? dan dimana yang gampang ?

::kunjungan balik ke blog saya supaya saya bisa balik ke sini lagi ::

jadi semakin semangat ngambil TI,,gue juga anak IPS,matematika jongkokonya bukan main,,,dapet nilai 3 aja susah,,

makasih lho mas post nya, bisa jadi motivasi buat saya yang ngga suka matematika…
hehehehehehe
saya akan menyusul di unibraw tahun ini (itu jga klo keterima) hahahahahaha

waduhh…. pas bngt sma jdul postingan di atas. pengen masuk teknik computer. tp math jongkok

memotivasi sekali postingan nya, ma ksih ea tman

wih inspirasi bagus tu…. benci matematika tpi gemar komputer…..

~~lanjutkan~~

wahhh,,, ternyata sama dengan aku yang gak pernah suka dengan matematika..
pernah sih suka matematika kelas 1 sma, tpi skrg gak lagi..:(
Tapi aku pilih jurusan teknik komputer juga di UNIBRAW…
hahahahaha,, tapi mash baru daftar sih,, lom tau masuk tau gk..
heheheheh
nice!!!!!!:)

Makasiiiiiiiih!! ak jd semangaat!! yay!

kita sama,, berasal dr jur bahasa, matematika nya ga detik kyk anak IPA, tp dg semangat dan les2 matematika sy yakin bisa 🙂

haha, sya jg ingin masuk teknik komputer, math jongkok pula, tp ane ykin selama otak masih ad, math pasti trpechkan :cool

mas, saya juga informatika, dan sama sepertinya kita, makasih tulisanya, memberi setitik pengharapan hehe

Postingan nya bermanfaat kak, kebetulan saya juga takut kalo tiba pljaran matematika. tapi saya berminat di jurusan Management Informatika. dan sekarang saya lagi mempelajari MTK apa saja yang ada di jurusan itu, supaya nanti pas masuk kuliah gak malu maluin lagi (y)

MATEMATIKA oooh noo ,
Saya paling benci pelajaran matematika, bahkan saya tidur [dĖēĖ…iĖēĖ…] kelas kalo pelajaran matematika ,
Saya baru mau dftar kuliah ,saya masi ragu mau ngambil jrusan matematika ,tp stelah saya baca postingan anda ,keraguanku agak sedikit berkurang ,baru sedikit tapi kaak .

Apapun pilihannya jalani dan tekuni sob hhe

MANTAP…! Siapa tahu bisa punya bisnis rental mobil dan baju muslim online kayak saya…hehe…… 🙂

saya sebenarnya ingin sekali masuk managemen
informatika, tapi takut sama matematikanya
matematika saya jeblok, bahkan sakit kepala
hanya ngeliat angkanya

setelah baca ini semangat saya mulai muncul
makasih kakak

Mantap ni bang, saya jg baru diterima di Politeknik negeri sriwijaya jurusan Manajemen Informatika, doakan saya ya bang agar cepat nangkap pelajarannya. Hehe

mantap………….emang matimatika itu rumit saya akui,,,,(saya sendiri jurusan ipa),,,,dan saya juga rencana akan ambil management informatika,,,ya emang sedikit takut,,,dag,,,dig,,,dug gak karuan,,,tapi setelah saya membaca postingan anda,saya merasa kepercayaan diri saya bangkit kembali,,,,,,,treimakasih admin,,,,you are the best

Aih..aih..saya dibilang the best? Alhamdulillah..hehe..semoga anda M Hari Oktariza akan masuk surga hehe…

Nice post saya juga dri MA jurusan ips tpi keterima beasiswa manajemen informatika.
Matamatika d skolah jongkok.. bismillah
Selama ada kemauan pasti ada jalan

Aamiin…..LANJUTKAN pak Jamaludin!

Mksih…postingannya…ka sya tu bingung mo kuliah ngmbil jrusan..p…
Nah kbtulan slah stu plihanya teknik informatika…
Cma sya ragu dan takut krna g bsa matematika..
Udh deh klo matematika puyeng pening…
Tpi krna bca crita dri kk..
Syasdkit lega…

Alahmdulillah….pakai trik yang saya jelaskan diatas aja, semoga puyengnya ilang dan menjadi gayeng kuliahnya. Aamiin

min aku gasuka matematika kaya km tp aku pngen masuk ilmu komputer . itu banyak mtk nya ga ??

@Muhammad Yassin: Kik..kik..kik…yoi bro..full matematikanya haha..tapi jangan kuatir, bisa kok diterapkan pake ilmu yang aku blogging diatas. Sukses ya…!

Saya anak ipa tapi mtknya jongkok karena terpaksa dorongan orangtua. Di SMA udah muak ama mtk. Saya tadinya takut masuk jurusan komputer karena takut ketemu mtk, tapi setelah membaca postingan ini saya tidak terlalu takut karena saya takut nantinya malah ga lulus-lulus di jurusan komputer

Tetap semangat ya, Recka….! Pasti ada jalan….insyaAllah!

Leave a comment

(required)

(required)