Masjid di Bali

Kalau kamu seorang muslim dan hendak berwisata ke Pulau Dewata Bali, ada baiknya untuk mengetahui keberadaan masjid-masjid yang ada di Bali agar kamu tetap bisa menjalankan ibadah wajib ini pas kamu berada disini. Agar liburan dapat, ibadah wajib juga dapat. Namun walaupun begitu, tentunya kamu tahu kalau pulau Bali didiami mayoritas penduduk beragama Hindu. Oleh sebab itu tidak perlu heran tempat ibadah yang terbanyak adalah pura. Tempat ibadah umat lain seperti Islam dengan masjidnya, tentu ada, namun dengan jumlah yang relatif lebih sedikit.

Berikut adalah 3 masjid (besar) yang bisa dijadikan bahan pengetahuan baik sebagai kamu seorang turis, atau penduduk tetap pulau Bali seperti saya. Ketiganya berlokasi di tempat yang strategis. Namun maaf belum bisa mempersembahkan gambar berupa jepretan foto karena seringnya kelupaan bawa kamera. Hehe alesan.. 😉 .

Masjid Nurul Huda
Bagi para penduduk tetap kota Denpasar yang beragama muslim dan memiliki aktifitas pekerjaan atau keseharian disekitar bandara internasional Ngurah Rai Bali, masjid Nurul Huda merupakan tempat yang strategis. Dengan hanya berjarak 1 kilometer dari bandara Bali, masjid ini kerap menjadi jujugan para jamaah.

Bagi para pelancong dari luar Bali, masjid ini juga bisa menjadi tempat ibadah dan istirahat yang lumayan. Kalau misalnya kamu baru saja landing, dan waktu shalat sudah masuk, menunaikan shalat di masjid ini bisa jadi bahan pertimbangan.

Saya juga sering memanfaatkan masjid ini kalau pas mengantar mobil Bali car rental saya, baik sebelum atau sesudah menjemput tamu saya.

Sebenarnya ada lagi musholla (sori, saya lupa namanya) yang lebih dekat lagi ke bandara. Lokasi persisnya pas dipintu keluar bandara. Mushola ini sebetulnya lebih strategis, namun karena tidak sebesar yang namanya masjid, mungkin lebih nyaman kalau sekalian saja datang ke masjid bandara Bali, Nurul Huda.

Sebenarnya lagi ada masjid (masjid lupa lagi namanya, kebanyakan lupa sih 😉 ) yang tidak kalah megahnya dengan masjid Nurul Huda. Lokasinya dari Nurul Huda terus saja menuju by pass Ngurah Rai. Di Kampung Bugis. Ini juga masjid yang oke punya untuk menunaikan shalat kalau pas kamu berada disekitar bandara.

Masjid Agung Sudirman
Ini bisa dibilang masjid jami’ kota Denpasar. Tahu artinya jami’ kan? Kalau di Jawa, masjid jami’ biasanya sebagai landmark tempat ibadah (masjid) sebuah kota yang letaknya berada dipusat keramaian kota, atau alun-alaun.

Nah, majid Agung Sudirman ini bisa dibilang kayak gitu. Lokasinya tepat di jantung kota Denpasar. Ini adalah masjid teramai didatangi para jamaah seperti pas shalat Tarawih, utamanya hari-hari pertama bulan Ramadhan. Asli jadi lupa kalau ini Bali! Itu karena saking banyaknya jamaah tumplek blek berbondong-bondong menuju ke masjid Agung Sudirman dan semuanya rata-rata memakai pakaian muslim yang bagus.

Masjid ini kerap didatangi oleh para penceramah kondang kayak Aa Gym, Arifin Ilham, Hari Mukti, dsb untuk memberikan khotbah. Pssst..pas dulu Aa Gym khotbah safari Ramadhan, saya sontak menjadi terkenal seantero Indonesia beberapa saat 😉 . Apa pasal? Kamera tipi sempat ngesyut saya sekitar 5 detik pas sedang khusyuk berdoa di sesi berdoa. Beberapa saat setelah acara pengajian selesai saya banjir sms dari teman-teman yang masih ingat saya. Hehe..ada yang bilang: ‘Walah, raimu mlebu tivi!’ (bahasa Jawa..Bahasa Indonesianya: ‘Walah, wajahmu masuk tivi!’). Hehe..

Disebut masjid Agung Sudirman karena lokasinya berada di kawasan Jalan Sudirman kota Denpasar. Suasana masjidnya sangat asyik dan nyaman. Saya sama anak dan istri kerap berkunjung ke masjid ini untuk shalat berjamaah.

Masjid An-nur.
Masjid ini juga tidak kalah strategis lokasinya. Berada dikawasan Jalan Teuku Umar Denpasar. Kalau lagi ada shalat Jumat jalan raya ini harus ditutup dan lalu-lintas dialihkan ke jalan lain karena saking sesaknya jamaah.

Saya alhamdulilah insyaAllah menjadi peserta pengajian rutin tiap selasa dan rabu malam di masjid ini. Acaranya ba’da maghrib sampai Isya’ dan kemudian diteruskan dengan shalat Isya’ berjamaah.

Itu saja dulu beberapa masjid yang bisa saya informasikan. Sebetulnya masih banyak lagi masjid yang bisa diinformasikan disini, seperti masjid di hotel Sanur Paradise Plaza, masjid di Kampung Islam, masjid di Kampung Jawa, masjid di daerah Marlboro, dsb. Mungkin insyaAllah lain waktu.

Oh ya, terakhir, khusus pas waktu kamu berwisata ke Tanah Lot, disana juga ada mushola kecil (memang mushola ada yang besar??). Biasanya sangat berguna untuk melakukan shalat Ashar dan Maghrib. Soalnya kan pergi ke Tanah Lot jamaknya waktu-waktu sekitar sore hari untuk melihat sunset.

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

[…] June 11th, 2009 | Author: Arif Haliman Menyambung informasi mengenai keberadaan masjid di Bali, ini ada satu lagi informasi dari saya mengenai sebuah masjid di Bali. Minggu kemarin saya kembali […]

Wah thanks banget u/ info masjidnya. Saya dan teman2 mau ke Bali dan kebetulan jatuhnya hari Jumat. Temen2 cowok sudah kebingungan cari masjid. untung saya baca tulisan anda. Insya Allah kami akan sholat di Masjid yang di bandara…biar nggak bingung nyarinya.
Salam
Wulan

With my pleasure, mbak Wulan.

[…] khas suasana yang sering saya jumpai di Jawa. Terlebih kalau kita melaksanakan shalat Tarawih di Masjid Agung Sudirman Denpasar, rasa-rasanya ini sudah bukan Denpasar lagi, tapi Mojokerto kota tercinta saya […]

Bismillah,

Assalammu’alaikum wr. wb.

Salam kenal sebelumnya.
Mas! Kami ada niat utk melangsungkan akad nikah di Bali di salah satu Masjid di Bali. Kira2 ada ide gak di Masjid mana yg bagus? Trus, boleh gak kami minta no contact person orang yg bisa mambantu kami utk menjalankan niat kami itu. Seperti Ustadz, Penghulu, dll.

Mohon infomasi & bantuannya.

Terima kasih.

Soerie & Avril

[…] terutama dekat kompleks bandara, adalah surga para pencari masjid karena banyak sekali ditemukan masjid di Bali, atau mushola […]

wah makasih mas, saya mau backpacking ke bali soalnya. mohon add YM saya: my_yamee kalo bisa. mau nanya lebih detail masjid2 di bali.

assalamualaikum,
saya orang malaysia. insyaallah saya akan ke bali pada november ini. bisa enggak sekiranya saya mendapatkan seorang pemandu mobil yang beragama islam supaya lebih senang saya berkomunikasi dan enggak ada masalah kapan mencari mussola.

thanks a lot

Mas, mau tanya, klo sholat Idul fitri atau Idul Adha di daerah kuta, diselenggarakan di mana ya biasanya?

@dewi: Kalau didaerah pusat Kuta agak sulit, tapi untungnya kuta itu sangat dekat dengan Denpasar (nempel), jadinya lebih baik shalat Idul Fitri / Idul Adha di Denpasar saja. Gak sampai 30 menit kok untuk mencapai masjid didaerah Denpasar. Yang gampang diakses dari Kuta, misalnya masjid Ar Rahmat, masjid BLK, masjid Muhammad, masjid Maryam. Ke 4 masjid ini berada dalam satu jalur jalan utama yang sama, yaitu Jl. Imam Bonjol Denpasar dan Jl. Raya Tuban.
Semoga bermanfaat..

Asw, Bisakah minta informasi penginapan murah dekat masjid. Kalau bisa jalan kaki ke masjid :). Kami ada rencana ke Bali awal Januari 2014. Mohon infonya ya. Wassalam dan terimakasih.

@agam: Banyak bro hotel yang dekat masjid Nurul Huda airport ini. Atau, di masjid-masjid lain (ada sekitar 4 masjid dekat bandara Bali) juga dekat dengan hotel, kok. Hotel-hotel bintang 3 banyak bertebaran disana, sehingga cocok dengan kantong. Ya, kalau jalan kurang lebih 500 meter lah. Jauh? Ya, nggak. Jarak segitu demi sebuah masjid di Bali dekat lah 🙂 Coba googling aja dengan kiwod hotel di dekat bandara bali.
Good luck ya!

Leave a comment

(required)

(required)