Marketer 2.0 Sajian Utama Majalah SwaSembada

Majalah SwaSembada edisi 4-17 Desember 2008 mengangkat tema mengenai sepak terjang para pemasar handal (Marketer 2.0) di Indonesia dan sesekali mengambil subyek person maupun cerita dari luar negeri. Mengapa diberi embel-embel 2.0 ? Hal ini untuk semakin menegaskan bahwa era baru sekarang ini berikut tantangannya harus dihadapi dengan lebih kreatif oleh para marketer.

Seperti yang diketahui, era 2.0 di dunia web telah hadir yang ditandai dengan semakin interaktifnya sebuah website dengan adanya partisipasi dua arah antara pemilik/pengelola website dengan pengunjungnya. Fenomena blog dan komunitas sosial seperti Facebook dan Friendster telah merevolusi dunia web setelah masa satu arah web 1.0.

Nah, dengan menambahkan tema 2.0, Swa semakin memberi penegasan bahwa saat ini marketer perlu lebih menitikberatkan jaring pemasarannya dengan lebih semakin dekat dan aktif dalam menjaring konsumen sambil terus membangun komunitas yang loyal baik offline maupun online.

Saya sungguh tertarik dengan bahasannya. Kamu tentu sudah maklum, tidak bisa dipungkiri bahwa dunia internet sudah semakin semarak dengan hadirnya komunitas-komunitas yang didalamnya bisa saling mempengaruhi satu sama lain. Katakanlah ada sebuah anggota komunitas yang bercerita mengenai pengalaman buruknya dengan produk tertentu, dan kemudian dia memberitahukan itu ke komunitasnya, hampir bisa dipastikan disitu akan ramai orang membicarakan kejelekan produk tersebut. Memang tentu saja akan ada yang tidak setuju, namun tetap saja berita itu sudah menyebar, terlepas benar atau tidak. Ingat, pengguna internet terus semakin tumbuh. Dan kalau kejelekan sebuah produk akan terekspose disana, alamat produk itu akan ditanggapi miring oleh masyarakat (online).

Disinilah pentingnya para pemasar untuk tidak melulu menggarap pasar tradisional (offline). Menggarap pasar online sat sekarang ini sudah merupakan keharusan. Kebutuhan beriklan di media online sudah mendesak. Topik bahasan majalah ini juga menyebutkan beberapa profile Marketer 2.0 yang salah satunya adalah bergabung secara intens dengan komunitas media online dan punya jaringan global. Gunanya apa? Untuk menyebarkan kebaikan produknya, dan atau menangkal berita miring yang menerpa produknya.

Selain membahas mengenai dunia para Marketer, edisi ini juga membahas dan memberi informasi mengenai tren dan peluang usaha yang bisa dilirik, khususnya memasuki tahun baru 2009.

Sedangkan saya, apa usaha yang saya lirik? Sepertinya saya akan tetap fokus di bisnis sewa mobil di Bali sambil mem-forecasting prospek usaha rental mobil tahun 2009. Busana muslim? Pasti insyaAllah juga tetap fokus. Bahkan English version untuk penjualan busana muslim online yang membidik pasar luar negeri sudah siap. Silakan tengok di Muslim Clothes.

Selamat berbisnis!

Save

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)