Hadirkan Kenangan Indah Bersama Indovision

Bukan, ini bukan iklan saya untuk Indovision. Kebetulan saja, salah satu subyek tulisan saya kali ini adalah Indovision. Hal ini menyangkut pengalaman saya dalam memasang televisi satelit berbayar, baru-baru ini. Selain Indovision, sebetulnya ada pilihan perusahaan sejenis yang ada di Denpasar, misalnya Telkomvision. Bahkan saya terlebih dahulu mendatangi kantor Telkomvision daripada Indovision. Tapi, last minute, pilihan saya akhirnya jatuh kepada Indovision, Bukan Yang Lain 🙂

Dengan menonton beberapa siaran yang ada di Indovision, saya betul-betul bisa bernostalgia. Flash back sekitar 15 – 20 tahun yang lalu, dimana di Indonesia, kemunculan televisi-televisi swasta mulai bermunculan. Diawali oleh RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia), diikuti SCTV (Surya Citra Televisi Indonesia), dan kemudian banyak menuyusul stasiun televisi swasta lainnya. Pada waktu itu, saya sangat menyukai acara yang namanya komedi situasi (sitkom) dan serial asal Amerika. Semuanya pakai bahasa Inggris, yang tentu saja ada teksnya dalam bahasa Indonesia.

Waktu itu, menonton acara seperti yang saya sebut tadi, sungguh memberi hiburan tersendiri bagi semua orang, termasuk saya yang masih usia culun, duduk di sekolah dasar. Selesai menonton, saya biasanya langsung menghambur keluar rumah untuk bertemu konco-konco. Dibeberapa kesempatan lain bertemu teman-teman sebaya, baik disekolah ataupun bermain dirumah, salah satu obrolan hangat adalah membicarakan acara televisi tadi.

Masih segar dalam ingatan saya, bagaimana saya bisa anteng di ruang tamu rumah, didepan televisi keluarga bermerek NEC 14 inch, yang seringkali gambarnya goyang-goyang tidak karuan. Saya sangat menyukai The Cosby Show dengan bintang utama Bill Cosby yang melegenda itu. Intro atau pembukaan acara itu yang semua orang pasti menyukainya, dengan seluruh pemain joget diiringi saksopon, ala musik jazz.  Ada Who’s The Boss yang dibintangi oleh Tony Danza si orang Itali itu, dengan gayanya yang khas. Tidak ketinggalan Taxi yang berseting di sebuah pangkalan taksi, duet Tony Danza yang masih sangat belia waktu itu, dengan Danny De Vitto, pemeran Penguin di Batman Return.

Menonton kembali sitkom-sitkom jadul diatas sekarang ini, sungguh masih bisa membuat tergelak. Ternyata kelucuan mereka masih saja relevan sampai sekarang. Dulu sewaktu masih kanak-kanak, saya pasti ngakak demi mendengar lelucon mereka. Dan sekarang, saat sudah punya anak, saya masih bisa juga ngakak dengan lelucon yang sama. Sungguh hebat mereka. Bahkan ngakaknya jadi jauh lebih asyik, karena saya ngakak didepan SHARP Aquos, televisi layar lebar 32 inch yang lembut itu (dan gambarnya tidak goyang-goyang lagi 😉 ).

Masih ingat MacGyver? Ya, si jagoan yang tampan, karismatik dan selalu terampil dalam hal-hal teknis disetiap aksi serialnya, bisa ditonton juga di Indovision. Saya sebetulnya sangat ngebet untuk bisa menonton serial Knight Rider, dengan Michael Knight (diperankan David Hasselholf) si pengemudi mobil pintar bernama Kit. Kit ini mobil yang luar biasa pintar, soalnya dia bisa nyetir kemudinya sendiri 🙂 Saya belum tahu apakah serial ini bisa ditonton disini atau nggak.

Untuk kamu yang sedang berusaha membersihkan otakmu dari tayangan-tayangan sampah khas segala macam sinetron Indonesia berikut infotainmentnya, saya merekomendasikan kamu untuk melakukan upgrade ke televisi berbayar seperti ini. Walaupun memang televisi Indonesia masih bisa ditonton disini, tapi setidaknya ada banyak pilihan tontonan. Kalau saluran televisimu hanya bisa menayangkan saluran televisi Indonesia, maka bisa dipastikan yang ada di otakmu juga hanya sampah. Bagaimana bukan sampah, kalau tiap saat tontonan yang menyergap kita hanya cerita aneh khas sinetron, berita menyebalkan dan memalukan para politisi kita, serta berita Saiful Jamil dan Krisdayanti yang doyan gonta-ganti pasangan!

Saya pribadi, sangat membatasi apa-apa yang masuk ke otak saya. Terutama dari tayangan televisi Indonesia itu, yang kebanyakan betul-betul membuat tolol para pemirsanya. Istri dan anak saya juga tidak luput dari wejangan saya untuk tidak menonton acara seperti ini. Otak dan pikiran saya terlalu berharga untuk disia-siakan demi menonton acara-acara model begitu.

Akan lebih baik kalau kita kita sempatkan menonton ceramah agama yang ada di televisi. Akan lebih baik kalau kita luangkan waktu untuk menonton kehidupan satwa liar di hutan dan satwa bawah laut yang hebat-hebat itu. Atau, menambah ilmu pengetahuan kita dengan menonton acara mengenai eksplorasi tempat-tempat menarik di seluruh belahan dunia. Atau, refreshing untuk menonton acara olahraga.

Dan, tidak lupa, setidaknya untuk saya, sekedar mengalihkan rutinitas dengan menonton beberapa film home box office yang ada di Indovision. Untuk ini, saya tidak pernah ketinggalan. Hehe, soalnya saya juga hobi meminjam film di Video Ezy di Denpasar 😉

Arif Haliman – Owner Busana Muslim Bali

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

benar..benar..benar banget pak jujur walupun ak seorang ibu rumah tangga yg kadang suka jga bergosip tapi ak paling ga suka nonton filem sinetron, selain kesel lihatnya juga sebelum endingnya sdh ak bisa tebak dlu jdi ga seru banget & jga tdk jauh dri sirik,harta gono gini,selingkuh & yg baik teraniyaya terus hufff.

kalu dibandingkan dg filem jaman dlu ak lebih suka seperti filem si unyil,kelurga cemara termaksuk roma irama,susana,wali songo he..he..

[…] menumpuknya hutang membaca buku, karena adanya hiburan baru di rumah saya. Seperti saya tulis disini, kegiatan baru ini lumayan menyita waktu saya untuk membaca buku. Mohon maklum, seperti hal baru […]

Kalau saya suka nonton The Secret Millionare (BBC Knowledge), Adventure wanted (Natgeo TV) sayang nih sering ngga dapat siarannya, Mega Structures (NGC), Top gear dan banyak lagi acara-cara traveling atau satwa dan tumbuhan di penjuru dunia..

Harusnya televisi kita sudah mulai menseleksi tayangan di tengah krisis “the positives”..

Indo juga punya tayangan bagus seperti Kick Andy dll…

Leave a comment

(required)

(required)