Mencicipi Kuliner Sate Kelinci di Danau Bedugul Bali

Siapa yang tak kenal Danau Bedugul? Bagi yang sudah pernah berlibur ke pulau Dewata Bali, sudah hampir pasti obyek wisata Bedugul masuk daftar wajib tempat wisata yang harus dikunjungi selama liburan di Bali. Bedugul yang sudah kesohor tak hanya bagi wisatawan lokal namun juga mancanegara ini, menawarkan pemandangan khas yang indah dan sejuk berupa danau, pura, bukit dan kebun raya. Tapi tahukah kamu ada hal lain yang juga khas di Bedugul. Apa itu? Sate kelinci 🙂

Warung Sate Ponorogo Bedugul

Warung Saru Kelinci Ponorogo, Bedugul Bali

Ini serius…Bedugul adalah sebuah tempat wisata yang terletak di dataran tinggi. Dan entah mengapa , kalau kita berada di tempat wisata yang berlokasi di dataran tinggi, nafsu makan kita semakin menjadi-jadi. Daerah dingin memang selalu sukses menggoda perut. Ini sudah khas. Dan kekhasan wisata daerah dingin lainnya adalah disitu hampir selalu ada hewan yang bernama Kelinci.

Di Begugul sini, kelinci biasanya dijual hidup-hidup per ekor, atau per pasangan. Tapi bagi saya pribadi, dan mungkin juga kebanyakan turis lainnya, bukan itu yang menarik. Yang paling menarik adalah sate kelincinya hehe..Dan apalagi disandingkan dengan gule, wah……t.o.p!

Kalau kamu sedang berlibur ke Bedugul Bali, saya sarankan untuk mencoba menu sate kelinci. Sekedar informasi, para penjual sate kelinci di Begudul berkumpul di dalam Pasar Baturiti. Maka, cobalah menyelinap pergi kesana disela-sela aktivitas rombonganmu.

Di dalam pasar itu, banyak penjual sate kelinci. Tapi ada satu yang paling ramai dan hampir selalu didatangi oleh para pengunjung, yaitu Warung Ponorogo. Lokasinya berada di sisi paling ujung pasar, dekat dengan bapak Tukang Parkir yang menarik uang karcis mobil atau motor yang mau meninggalkan pasar.

Seperti tampak dalam foto, Warung Ponorogo berwarna hijau pupus. Jadi, gampang dikenali. Di warung ini menyediakan menu Sate kelinci berikut gulenya. Harga seporsi sate kelinci+gule+teh hangat disana Rp 32.000.

Selfie sejenak di Warung Ponorogo, Bedugul :)

Selfie sejenak di Warung Ponorogo, Bedugul 🙂

Gaya warungnya memang kucel dan lusuh. Tidak begitu bersih-bersih amat juga. Tapi, memang seperti itulah rata-rata penampilan semua warung di pasar Baturiti Bedugul itu. Namun jangan terkecoh dengan penampilannya. Walaupun kurang menyakinkan hehe…tapi itulah warung sate kelinci terenak di Bedugul!

Dan insyaAllah itu halal, karena penjualnya orang Muslim. Sekedar informasi juga, bahwa Bedugul ini banyak dihuni orang Muslim, sehingga pemandangan lazim hampir semua penjualnya memakai jilbab, kalau perempuan.

Sebetulnya tak hanya menyuguhkan menu sate kelinci, tapi juga sate ayam dan kambing. Tapi kan sate ayam dan kambing sudah ada dimana-mana. Di kota kita masing-masing, banyak kita temui. Jadi, kalau sedang liburan di Bedugul, cicipi saja sate kelincinya. Sate kelinci jarang-jarang kita temui di perkotaan, karena iklim kota memang tidak cocok untuk mengembangbiakkan kelinci.

Jadi senyampang di Bedugul, Bali, cobain sate kelincinya ya….

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim Online di Bali

Busana Muslim Berkualitas

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)