Cara Menghilangkan Warna Hijau Keruh di Air Kolam Ikan Koi

Dalam membuat sebuah kolam ikan di teras rumah, ada satu tahapan yang seringkali dianggap enteng oleh si empunya rumah. Tahapan ini sebetulnya memang tidak penting-penting amat sih, tetapi sekali salah akan membuat pening kepala. Karena alih-alih ingin menikmati kolam ikan yang baru dibuat, dan melihat ikan-ikan koi berenang kesana kemari menemani pagi dan sore kita, justru yang didapat adalah air kolam berwarna hijau keruh, sehingga kolam ikan baru itu sama sekali tak bisa dinikmati oleh mata.

Omong-omong, apa tahapan itu? Yaitu, menentukan lokasi kolam.

Tahapan menentukan lokasi kolam ikan di rumah sangatlah penting, karena berkenaan dengan kualitas air kolam itu sendiri nantinya. Dalam membangun kolam ikan, perhatikan posisi sinar matahari yang datang dan menerangi kolam ikan itu.

Kolam Ikan Dilindungi Sangkar BurungMengapa penting memperhatikan datangnya sinar matahari? Karena sinar matahari dari pagi sampai siang, apabila diterima secara penuh oleh kolam ikan yang berisi air dan ikan, itu akan cepat sekali membuat air kolam ikan kamu berubah berwarna hijau.

Kolam air berubah warna menjadi hijau itu disebabkan oleh bertemunya sinar matahari dengan sisa-sisa kotoran ikan yang belum sempat tersaring kedalam mesin penjernih air kolam. Lama-lama, kejadian itu akan melahirkan makhluk baru yang bernama Algae.

Algae adalah sejenis ganggang atau lumut, berkoloni menjadi satu, dan hidup di air kolam ikan. Bagi manusia mereka kasat mata. Bagi ikan-ikan penghuni kolam, algae ini tidak berbahaya. Tidak menyebabkan kematian pada ikan. Jadi, tidak perlu dilakukan tindakan apapun kepada ikan-ikannya.

Namun, algae ini jelas berbahaya bagi mata manusia, terutama mata pemilik kolam ikan. Apa sebab?

Karena pemilik kolam tak bisa menikmati keindahan ikan koinya yang berenang dengan riang gembira di kolam ikan barunya 🙂

Karena saking hijaunya warna air kolam, sehingga keruh dan mata tak bisa melihat apapun ke dalamnya.

Baca : Ciri-ciri Ikan Nila Mau Bertelur & Beranak

Baca : Kolam Ikan Bahan Terpal Bikinan Sendiri Murah Meriah

CARA MENGATASI AIR HIJAU DI KOLAM IKAN

Ada beberapa cara mengatasi penyebab air hijau Algae di kolam ikan.

1. MEMAKAI OBAT
Di toko fishery kotamu (toko perlengkapan ikan) tanya penjualnya tentang obat penghilang warna hijau kolam ini. Mereka pasti punya. Namun, cara ini sangat tidak disarankan. Karena kalau takarannya tidak tepat, bagaimanapun juga ini adalah obat yang mengandung bahan kimia, bisa-bisa ikan kesayangan kita akan mati lemas.

2. MEMAKAI FILTER ULTRAVIOLET (UV)
Alat ini juga ada di fishery. Ada yang dijual jadi satu dengan mesin filter / penjernih kolam, ada juga yang dijual terpisah. Jadi nanti ditaruh di dalam air kolam, terpisah dari mesin penjernihnya.

Cara kerjanya, air kolam yang disaring kedalam filter sinar UV itu, akan membunuh algae yang disinarinya.

Namun lagi-lagi, cara ini kurang disarankan, sebab akan ribet. Ribetnya biasanya mesin penjernih akan susah sewaktu dibersihkan, karena menjadi satu dengan filter ultravioletnya. Juga biasanya lekas rusak, kecuali mungkin yang berharga mahal (biasanya sudah masuk jutaan). Yang terakhir, pemakaian filter sinar UV tidak disarankan karena secara fisik berbahaya bagi mata manusia. Mata manusia yang mungkin tak sengaja menatap sinar UV ini, lambat laun akan mengalami kerusakan.

3. DITUTUPI DENGAN ANEKA POT TANAMAN
Cara ini jauh lebih natural. Kalau posisi kolam ikan sudah kadung menerima sinar matahari secara efektif, bisa diakali dengan menaruh pot-pot tanaman disekeliling kolam ikan, diatur sedemikian rupa agar pot tanaman itu menghalangi sinar matahari menerobos masuk ke dalam kolam. Cara ini selain lebih membuat sekitaran kolam menjadi asri, juga aman; aman bagi ikan dan aman bagi manusia.

4. SEJAK AWAL BIKIN RENCANA POSISI KOLAM TERHINDAR DARI SINAR MATAHARI
Sebetulnya, sinar matahari tetap diperlukan oleh ikan. Karena matahari merupakan sumber vitamin dan protein bagi mereka. Tapi dengan intensitas secukupnya. Kalau 100% kolam ikan terpapar sinar matahari secara efektif dari pagi sampai siang, maka air hijau keruhlah yang didapat, sehingga justru tak menyehatkan.

Jadi, posisikan kolam ikan kamu sedemikian rupa, agar hanya sekitar 25% saja mendapat sinar matahari secara langsung. Ini menjamin kolam ikanmu tidak berubah warna menjadi hijau keruh, dan tetap jernih selamanya.

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim Online di Bali

Busana Muslim Berkualitas

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)