Betulkah Hemat: XL Star Dapat Diskon 70% Liburan HEMAT ke Bali?

XL STAR, nikmati liburan HEMAT ke BALI dengan DISKON 70% dr Berry Biz Hotel Kuta. Cukup tunjukkan SMS ini ke resepsionis hotel sd 31Mei15. Info 817. LS166

Sebagai pengguna XL sejak jaman purba, saya seringkali mendapat sms penawaran dari XL seperti diatas. Dan saya yakin kalian sebagai pengguna XL, yang dianggap STAR, juga mendapat sms serupa. Liburan hemat sampai 70% kalau kita menginap di Hotel Berry Biz Kuta. Maksudnya, dengan menunjukkan sms tersebut di henpon kita kepada resepsionis hotel sewaktu check in di Hotel Berry Biz, kita hanya akan membayar 30%nya saja. Apakah betul seperti itu?

Iseng, karena saya ada acara servis mobil di bengkel resmi Toyota di daerah Sunset Road, begitu servis selesai saya mampir ke Hotel Berry Biz. Jaraknya dari bengkel ke hotel tak ada satu kilometer. Begitu sampai hotel saya langsung menuju resepsionis dan menunjukkan SMS seperti tersebut diawal paragraf.

Mbak resepsionis langsung tanggap dan menjelaskan bla..bla..bla. Apapun kata resepsionis, sebagai calon konsumen, hal terpenting yang ada dibenak saya adalah mengetahui berapa harga kamar terendah yang bisa saya dapat sebagai pelanggan yang mendapat sebutan XL STAR.

Si mbak lagi menjawab harganya adalah Rp 399.000/room/night. Diskon 70% itu dari publish rate (harga langsung dari hotel), bukan contract rate (harga yang diberikan ke travel agent) Oke, kata saya. Setelah berbasa-basi sejenak, saya beranjak meninggalkan lobi hotel menuju parkir mobil. Sambil mengemudi keluar, saya melihat running text harga kamar didepan hotel. Disana tertera persis seperti kata resepsionis: Rp 399.000.

Saya membatin: apa bedanya (dari segi harga) booking kamar hotel di hotel ini sebagai XL STAR, dengan datang langsung ke hotel?

Saya hanya kuatir, bagi orang awam (pengguna XL), sms ini akan menggiring opini mereka bahwa harga dari XL STAR ini adalah yang terendah, sehingga jika mereka melakukan booking dengan menunjukkan sms kepada resepsionis, mereka seolah mendapatkan diskon besar. Harus diakui, tulisan diskon ‘70%’ memang menggiurkan. Padahal tanpa menunjukkan sms pun, dengan datang sebagai tamu ‘biasa’, harganya sama.

Sampai dirumah rasa penasaran saya masih belum habis. Sekedar membandingkan harga, saya segera membuka online travel agent lokal dan luar negeri. Yang lokal adalah Traveloka.com dan yang luar Agoda.com.

Apa yang tersaji? Tepat seperti dugaan saya, ternyata harga terendah di Traveloka dan Agoda lebih rendah dari Rp 399.000! Di Traveloka harganya Rp 332.000 dan di Agoda malah harganya Rp 274,380. Berarti gampangnya, buat apa booking sebagai XL STAR dengan diskon 70% kalau masih ada harga lebih rendah lagi dengan booking melalui Traveloka atau Agoda?

XL memang tidak menipu. Diskon 70% itu memang benar adanya. Hanya saja, kita sebagai konsumen jangan mudah tergiur. Ketahuilah, kalau booking melalui travel agent lain, seperti Traveloka dan Agoda, diskonnya bisa 75% atau 80%.

Oleh karena itu, jangan mudah tergiur oleh berbagai macam penawaran dan diskon oleh banyak vendor itu. Hari gini memang harinya para marketer untuk berkreasi dalam iklan mereka. Selektiflah, dan bijaksanalah. Jangan mudah bermata ijo kalau mendapat penawaran diskon 70%, 90% dan berbagai macam penawaran yang kadang-kadang tak masuk akal itu.

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim di Bali
http://www.baliwebby.com – Sewa Mobil & Motor di Bali


Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)