BaliOmeng.com Setelah 1 Bulan Berjalan

Tidak terasa sudah tepat 1 bulan berlalu sejak saya mulai melakukan revamp atau perombakan di situs BaliOmeng.com. Perombakannya sih di bagian disain atau template website, namun di database contents atau isi database yang memuat produk-produk kerajinan tas Bali. Produk-produk tas keluaran tahun 2007-2008 tentunya sudah banyak yang tidak diproduksi sehingga akan mubadzir kalau saya tetap nekat memasangnya online untuk dijual. Dan tentunya penyegaran produk tas dengan memasang hanya tas-tas yang masih diproduksi adalah keharusan. Itu sebabnya ditulisan dahulu mengenai angan-angan berikut rencana saya untuk mengaktifkan kembali situs BaliOmeng.com agar bisa berproduksi kembali, nampaknya sudah menemukan jalan terangnya di bulan pertama ini.

Situs BaliOmeng.com adalah situs dari Bali yang khusus menjual produk tas Bali yang umumnya sering kita jumpai di pasar seni Sukawati Bali. Kalau kamu pernah berlibur ke Pulau Bali, bisa dipastikan bahwa pasar seni Sukawati adalah satu rute yang akan kamu kunjungi bersama rombongan. Kenapa begitu? Ya karena di pasar seni inilah kamu bisa berbelanja dengan harga sangat murah, dengan sistem tawar-menawar. Artinya apabila misalnya untuk produk bed coverย  penjual bilang harganya 100rb, kamu bisa menawarnya mungkin sampai setengah harganya. Khusus untuk produk tas, produk ini menjadi salah satu favorit yang menjadi hot item di pasar seni ini. Artinya para pengunjung pasar seni ini yang umumnya wisatawan lokal tidak lupa untuk membeli tas Bali yang ada disana. Terutama para cewek, hayo ngaku sajalah ๐Ÿ™‚

Harga yang ditawarkan memang sangat murah. Dan begitu pula apabila kamu membelinya lewat situs BaliOmeng.com. Dijamin dengan kamu datang langsung membeli di Sukawati Bali atau di Erlangga Bali, atau membelinya lewat situs ini harga adalah sama. Bahkan untuk beberapa produk jelas lebih murah.

Mengapa begitu? Karena BaliOmeng mendapat ‘harga kontrak’. Maksudnya adalah harga pabrik karena untuk dijual kembali. Jadinya harga tidak lebih mahal dengan membeli langsung ke Sukawati. Lagipula memangnya kamu mau apabila tempat tinggalmu di Pontianak sana terus kepingin tas Bali, kemudian datang ke Sukawati buat beli tas ? ๐Ÿ˜‰ Ya jelas nggak lah. Solusinya ya beli tas itu lewat BaliOmeng.com secara online.

Nah, analisa saya untuk 1 bulan pertama ini, insyaAllah sambutan rakyat Indonesia (*weleh*) sambutannya sangat baik. Terbukti meski baru seumur jagung, syukur alhamdulillah penghasilan kotor website ini hampir sama dengan penghasilan Google Adsense saya periode Desember dan Februari kemarin ๐Ÿ™‚ .

Untuk meningkatkan penjualan di bulan Maret ini dan juga bulan-bulan berikutnya, ada beberapa kiat yang bisa saya lakukan untuk lebih mendongkraknya lagi. Diantaranya adalah membuat katalog offline (bisa dari Word adalah file PDF) yang nantinya dikirim via pos kepada calon pembeli yang memintanya. Permintaan katalog offline ini banyak saya terima lewat email. Harus diakui beberapa pembeli akan lebih merasa nyaman apabila dia meneliti barang yang akan di beli secara offline terlebih dahulu. Mungkin dengan begini mereka bisa mendiskusikannya bersama teman atau keluarga sebelum membeli produk tas yang menjadi incarannya.

Sepertinya memang harus segera membuat katalog ini sehingga bisa langsung didistribusikan kepada calong pembeli yang memintanya.

OK dude, sampai jumpa di update analisa produk tas Bali berikutnya..

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)