Antara Facebook dan Ngeblog

Mana diantara dua aktifitas online, yaitu Facebook dan ngeblog,  yang menjadi favorit kamu? Saya yakin bahwa jawaban saudara-saudara sekalian akan berbeda. Yang satu bilang Facebook, yang lainnya lagi memilih ngeblog. Atau malah dua-duanya yang menjadi favorit. Apapun pilihan kamu, dengan sesuatu yang menjadi latar belakang dan berbagai motivasi, kedua aktifitas online tersebut sama-sama punya banyak pendukung, terlebih dengan semakin maraknya situs komunitas sosial online dan kebebasan berpendapat di internet. Lantas, mana pilihan utama saya?

Ngeblog!.

Ya, bagi saya pribadi, menulis di blog akan membawa pesan dan kesan yang lebih mendalam terutama untuk saya sendiri sebagai penulisnya. Dengan ngeblog, saya bisa lebih mendokumentasikan dan menuangkan segala yang menjadi uneg-uneg saya, apakah itu dalam bentuk ide, opini, pengalaman, motivasi, dsb sehingga bisa lebih greget.

Saya bukanlah anti situs jejaring sosial online (online social community) seperti Facebook dan lainnya. Saya punya account di Facebook. Ditengah hiruk pikuknya Facebook, beberapa kali saya sempatkan untuk menuliskan pesan singkat disana. Mungkin juga sudah sifat khas dari sebuah situs komunitas, ruang yang tersedia tidaklah ‘luas’. Sehingga yang saya rasakan disana adalah apa yang saya suarakan tidak bisa ‘dalam’. Berbeda dengan menulis di blog, saya bisa lebih ‘dalam’ dalam mengeluarkan semua uneg-uneg seperti diatas.

Lepas dari semua itu, saya berpendapat bahwa bermain Facebook dan blog asalnya berangkat dari yang namanya latar belakang dan motivasi. Mau tahu apa latar belakang dan motivasi saya dalam menulis blog?

Latar Belakang:
Saya aslinya adalah seorang web programmer yang kemudian bermetamorfosis menjadi seorang web-based business owner. Mengapa kok bermetamorfosis seperti itu? Tidak lain tidak bukan karena saya melihat bahwa prospek kedepan yang dihubungkan dengan penerimaan materi dan tingkat kepuasan, sepertinya akan lebih maknyus kalau memiliki bisnis sendiri (bisnis apa saja), dan bukannya terus-terusan menjadi karyawan dengan spesialisasi programmer komputer (web). Maka dalam hal ini saya memutuskan untuk memiliki usaha sendiri dengan media internet, yang tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya SEO (search engine optimization).

Seperti umum sudah diketahui bahwa kalau kamu menyandarkan bisnis atau usahamu di internet, maka mutlak bagimu untuk tampil menjadi nomor satu di mesin pencari (search engine) seperti Google dan Yahoo untuk bidang bisnis yang kamu tekuni. Mengapa kok harus mesin pencari? Karena survei membuktikan bahwa peluang terbesar orang menemukan website kamu ya dari search engine itu tadi. Hal inilah yang kemudian memunculkan motivasi saya untuk menulis blog.

Motivasi:
Salah satu usaha (dari sekian banyak usaha) untuk bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari adalah content. Ya, bagi saya isi atau content, adalah hal pertama dan utama. Maksudnya, kualitas sebuah website itu ditentukan dari oke tidaknya isi dari halaman-halaman yang ada dari website itu. Jika Content is the King, maka Link Back is the Queen.

Oleh karena itu saya termotivasi untuk berusaha selalu menciptakan content yang original dan fresh dengan banyak-banyak menulis. Dari hasil tulisan tersebut diantara kalimat-kalimat yang ada saya selalu ada link back yang kalau diklik akan menuju ke beberapa website yang menjadi website bisnis utama saya seperti Bali car rental dan Busana Muslim.

Itu saja latar belakang dan motivasi saya menulis blog. Sederhana. Minimnya komentar dalam tulisan saya bukanlah persoalan. Menulis di blog itu semudah melempar kata-kata singkat di Facebook. Yang menjadikannya sulit adalah tatkala pikiran ini macet tidak tahu ingin menulis apa 🙂 .

Facebook? Tetap saja dia menarik dan asyik dengan beberapa alasan tertentu.

Ngeblog? Merujuk latar belakang dan motivasi saya diatas, sepertinya masih tetap menjadi opsi pertama saya 🙂

Save

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)