Solusi Ikan Tetap Hidup Selama Mudik

Tak terasa insyaAllah sebentar lagi rutinitas mudik Lebaran akan tiba lagi. Masing-masing orang tentu punya jurusnya sendiri dalam mempersiapkan kemudikannya. Ada yang mempersiapkannya secara santai, terperinci atau malah sangat detil. Tapi yang jelas, bagi orang yang punya binatang peliharaan, persiapan mudiknya akan bertambah. Misalnya punya piaraan berupa ikan. Maka yang juga dipikirkan yaitu gimana caranya agar ikan piaran yang di kolam ikan atau akuarium, tetap hidup selama ditinggal mudik beberapa hari.

Gambar mesin pakan ikan otomatis

PENGALAMAN MEMAKAI ALAT PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS

Seperti diketahui, memelihara ikan di rumah sangatlah mengasyikkan. Memelihara ikan di teras rumah, misalnya ikan koi dan ikan nila, bisa membantu menghilangkan stres dari penatnya rutinitas harian.

Melihat ikan-ikan itu berenang kesana kemari dengan dengan air kolam yang sangat jernih, bisa mengembalikan kesegaran jiwa dan raga.

Dan ikan-ikan itu, baik yang dipelihara di kolam atau akuarium, lazimnya harus diberi makan setiap hari.

Pertanyaannya: siapakah yang akan memberi makan ikan-ikan itu apabila rumah sedang kosong berhari-hari?

Tentunya kan, kita tidak bisa suruh ikan-ikan itu, ‘ikan, selama aku tinggal mudik, kamu silakan lompat dari kolam dan cari makanan sendiri ya, di teras rumah….’ hehe…Jelas tak bisa..

Harus ada seseorang, atau sesuatu, yang bisa memberi makan ikan-ikan itu secara otomatis.

Dulu, biasanya saya minta tolong tetangga untuk untuk urusan memberi makan ikan ini. Tiap pagi, selama saya mudik, saya minta dia untuk menaburkan makanan ikan ke dalam kolam saya. Walaupun cara ini efektif, tapi tidak efisien.

Selain saya perlu memberi sekedar ‘uang lelah’ kepada tetangga tersebut, juga dia akan mondar-mandir dari rumahnya lalu buka pagar rumah saya, kasih makan ikan, nutup pagar, dan balik ke rumahnya lagi. Berhari-hari. Cara seperti ini disebut cara manual.

Sekarang, saya sudah bisa meninggalkan cara manual itu, dan beralih ke cara otomatis. Gimana caranya?

Pakai Pakan Ikan OTOMATIS! Jreng..jreeenng…jreeeeeennnggg! 🙂

Ada pakan ikan otomatis? Ada!

Namanya Food Timer. Seperti tampak di gambar dibawah ini..

Fish Auto Feeder

Mesin pemberi pakan ikan otomatis

Food Timer (mesin pemberi pakan ikan otomatis) ini banyak dijual di toko ikan, terutama toko ikan yang besar / lengkap. Harganya sekitar Rp 100rb an.

Alat pemberi makan ikan otomatis ini digerakkan dengan baterei. Ada jarum yang berputar persis seperti jam, dan sekaligus itu menunjukkan setiap jam berapa saja mesin itu akan menumpahkan pakan ikan (saya biasanya cukup Takari) ke dalam kolam.

Food Timer sanggup memberi makan ikan secara otomatis sebanyak maksimal 6 kali sehari. Jumlah itu sebetulnya terlalu banyak kasih ikan makan ikan, karena jadi penyebab kolam ikan menjadi keruh. Kalau saya biasanya saya set makan sehari sekali.

Pengalaman terakhir saya, dengan jumlah ikan nila sebanyak puluhan ekor, mesin saya set makan sehari sekali (pagi jam 8), ketika saya tinggal pulang kampung selama 10 hari dan balik lagi, masih ada sisa Takari yang bisa sampai 2 hari kedepan. Jadi total adalah 12 hari mesin itu bisa memberi makan ikan-ikan saya secara otomatis. Luar biasa, bukan?

Nah oleh karena itu, sekarang jangan pusing lagi dengan ikan-ikan piaraan yang kita tinggal mudik di hari raya, ya..

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim Online di Bali

Busana Muslim Berkualitas

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

No comments yet.

Leave a comment

(required)

(required)