Agar Bisnis Online Sukses Dan Punya 1000 Kunjungan Per Hari

Saya ingin berbagi tips mengenai bagaimana caranya agar website kita dikunjungi ribuan pengunjung setiap harinya. Mohon dicatat, PER HARI ya, bukan PER BULAN, atau malah PER TAHUN 🙂 . Ribuan pengunjung website kita itu adalah calon potensial pembeli produk yang dipajang di website kita. Ingat, semakin banyak pengunjung website, maka semakin banyak PELUANG terjadi transaksi pembelian. Oleh karena itu, tak dapat disangkal, sukses tidaknya jualan online di website, ditentukan oleh seberapa banyak website kita dikunjungi orang.

Sekedar informasi, sudah 8 tahun (sejak 2007) saya memulai bisnis penjualan busana muslim online. Saya mengusung website www.MuslimBusana.com. Selama kurun waktu hampir satu dekade ini, ada satu hal penting yang saya pelajari, agar website MuslimBusana.com ini bisa dikunjungi minimal 1.000 pergunjung per hari. Yaitu, sebelum kamu memutuskan untuk berbisnis online, apapun produk yang akan kamu jual, berbisnis onlinelah dengan produk yang berbasis komoditas (produksi massal). Seperti yang saya lakukan, dengan berbisnis busana muslim.

Busana muslim itu termasuk dalam kategori komoditas. Ianya diperlukan oleh banyak orang (sebetulnya, SEMUA orang perlu busana). Busana muslim bisa diproduksi dalam berbagai macam gaya, warna, harga dan sasaran jenis kelamin. Pokoknya, busana muslim ini selalu dinamis. Hampir setiap bulan selalu muncul model baru. Kemunculan model-model baru itu lumrah dilakukan oleh hampir semua merek baju, termasuk baju muslim.

Dan karena jumlah Muslim di Indonesia ini sangat dominan, secara otomatis produk busana muslim juga akan sangat laku dijual. Busana muslim diproduksi dalam jumlah banyak (massal) karena manusia yang memerlukannya juga jumlahnya banyak. Inilah yang disebut komoditas.

Berangkat dari fakta itu, dari ratusan dan bahkan ribuan jenis busana muslim yang ada dari puluhan merek yang berbeda, pajanglah di website. Dalam menampilkan produk-produk itu, sebagai mungkin lakukan secara bertahap, agar terkesan natural. Kalau dilakukan secara frontal (bersamaan dalam satu waktu dalam waktu relatif berdekatan), Google justru tidak menyukainya. Bisa-bisa dianggap spam.

Kalau saya, rata-rata setiap 2 – 4 minggu sekali ada puluhan baju model baru yang ditampilkan. Dengan cara ini, konten website akan selalu fresh terupdate. Website yang kontennya selalu fresh akan disukai oleh Google, dan tentu disukai juga oleh pengunjungnya (calon pembeli). Dan kalau Google menyukainya, posisi ranking website kita akan dinaikkan. Dan kalau calon pembeli juga menyukainya, dia akan membelinya.


Jadi, dari pemilihan jenis produk apa yang akan kamu jual online ini, langkah suksesmu dalam berbisnis online sudah berada di awal jalur yang tepat. Produknya berlimpah, pembelinya juga sudah jelas banyak.

Tentu kamu akan sangat kesulitan, apalagi dengan pengalaman yang masih minim, berjualan online sesuatu yang bukan bersifat komoditas, seperti misalnya keramik lantai. Produk ini termasuk dalam kategori boring industry, yang pergantian model-modelnya termasuk lambat. Produk seramik lantai dari merek tertentu kadang tahunan baru punya keramik model baru.

Namun apabila pengalamanmu sudah bertambah, bolehlah kamu melakukan pengembangan bisnis dengan berbisnis online produk lain, walaupun masuk kategori boring industy. Salah satu kiat mendongkrak bisnis baru ini, promosikan website bisnis baru ini di website sebelumnya yang sudah tenar duluan.

Arif Haliman

http://www.muslimbusana.com – Toko Busana Muslim di Bali
http://www.baliwebby.com – Sewa Mobil & Motor di Bali



Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Comments

[…] terakhir, hanya buat kamu yang memang serius kuliah / belajar informatika. Baca ulasan ini dan ini, dan insyaAllah besar peluangmu untuk tak hanya menjadi mahasiswa komputer, namun juga pebisnis […]

Leave a comment

(required)

(required)